Bayern tegaskan posisi puncak selepas menang di Leipzig

Bayern tegaskan posisi puncak selepas menang di Leipzig

Gelandang Bayern Muenchen Leon Goretzka (kiri) melakukan selebrasi bersama Thomas Mueller seusai mencetak gol ke gawang RB Leipzig dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Sabtu (3/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Alexander Hassenstein)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen menegaskan posisi mereka di puncak klasemen Liga Jerman selepas menang 1-0 di markas RB Leipzig dalam laga pekan ke-27 di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Gol tunggal Leon Goretzka yang mengunci kemenangan itu membuat Bayern kini menduduki puncak klasemen dengan koleksi 64 poin atau unggul tujuh poin dari Leipzig yang berada di posisi kedua, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Absennya bomber utama Bayern, Robert Lewandowski, yang dinyatakan tak cukup bugar untuk tampil membuat tim besutan Hansi Flick tampak kurang bertaji di lini depan.

Hal itu bahkan memangkas agresivitas Bayern yang sepanjang laga hanya melepaskan sembilan percobaan, lima kali lebih sedikit dibandingkan yang dilakukan Leipzig.

Baca juga: Thomas Muller terbuka untuk tinggalkan Bayern Muenchen

Eric Maxim Choupo-Moting, yang dipercaya mengisi ujung tombak Bayern, membuang sia-sia peluang bagus hasil bola muntah tembakan Kingsley Coman dengan sepakan melenceng di muka gawang pada menit ke-22.

Pada menit ke-38 absennya Lewandowski berhasil diatasi oleh Bayern yang merebut keunggulan ketika Goretzka menyambut umpan tarik Benjamin Pavard dengan sepakan keras ke langit-langit gawang tuan rumah.

Enam menit berselang Bayern hampir menggandakan keunggulan mereka melalui tembakan voli Leroy Sane, tetapi kali ini kiper Peter Gulacsi mampu menepis bola ke sisi gawang.

Leipzig memasuki babak kedua dengan sikap agresif, sayang peluang bagus dibuang oleh Christopher Nkunku dan tembakan akrobatik Marcel Sabitzer masih melenceng tipis dari sasaran.

Baca juga: Alphonso Davies ditunjuk jadi Duta PBB untuk masalah pengungsi
Baca juga: Lewandowski anggap kartu merah Davies jadi titik balik Bayern


Pada menit ke-54, Dani Olmo membuang kesempatan emas ketika berdiri bebas tanpa kawalan mendapat bola muntah dari umpan silang Justin Kluivert yang membentur David Alaba, tetapi tembakannya melenceng di muka gawang.

Enam menit kemudian, kiper Manuel Neuer melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tembakan jarak jauh Sabitzer ke atas mistar gawang.

Sejak itu pertandingan berlangsung minim peluang dan Bayern mampu menjaga keunggulan 1-0 demi raihan tiga poin penuh di pengujung laga.

Pada Sabtu (10/4) pekan depan, Bayern akan menjamu Union Berlin dan Leipzig bertandang ke markas Werder Bremen.

Tiga hari sebelum itu, Bayern terlebih dulu akan menghadapi Paris Saint-Germain dalam leg pertama perempat final Liga Champions.

Baca juga: Asa empat besar Dortmund memudar seusai dipecundangi Frankfurt
Baca juga: Leverkusen menang dalam pertandingan perdana bersama Hannes Wolf
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021