Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Lebak naik signifikan

Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Lebak naik signifikan

Petugas medis di Kabupaten Lebak melakukan 3T yakni testing (pemeriksaan), tracing (penelusuran), dan treatment (pengobatan) pada warga guna menemukan kasus baru sehingga angka kesembuhan naik signifikan.

Lebak (ANTARA) - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, naik signifikan hingga total mencapai 2.842 orang dibandingkan pekan sebelumnya 2.689 orang.

"Kami yakin angka kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Senin.

Berdasarkan data pasien COVID-19 di Kabupaten Lebak sampai Senin ini, tercatat 3.115 orang, dan 2.842 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 212 orang menjalani isolasi dan perawatan, 57 jiwa meninggal dunia.

Meningkatnya pasien sembuh itu karena upaya penelusuran kasus baru dan dirujuk ke RSUD Banten atau menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Lebak bertambah 66 orang

Baca juga: Pasien COVID-19 di Lebak Banten bertambah 24 orang


Petugas kesehatan konsisten menerapkan 3T yakni testing (pemeriksaan), tracing (penelusuran), dan treatment (pengobatan) pada masyarakat.

Praktik 3T dapat mengendalikan penularan penyakit yang mematikan itu dan meningkatkan angka kesembuhan.

"Kami bergerak cepat apabila ditemukan positif langsung ditangani tim medis agar tingkat kesembuhan meningkat," kata dia.

Ia mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Protokol kesehatan dapat memutus mata rantai penularan COVID-19, sehingga warga jika keluar rumah selalu 3M.

Selain itu juga masyarakat untuk mengikuti vaksinasi guna membangun ketahanan imun tubuh agar tidak mudah terserang SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

"Kami minta masyarakat agar divaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan guna menyambut Lebak terbebas dari Covid-19," ujar Firman.

Baca juga: 10 petugas puskesmas di Lebak positif COVID-19

Baca juga: Pemkab Lebak sosialisasi vaksinasi COVID-19 di permukiman Badui
Pewarta : Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021