Jakarta (ANTARA) - PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi meluncurkan KIA Sonet 7 Seateruntuk pertama kalinya di dunia,  tanpa mengurangi kenyamanan dibandingkan dengan versi yang sebelumnya dengan harga mulai dari Rp199,5 juta.

"Sebuah kebanggaan bagi kami mendapatkan kepercayaan untuk melakukan World Premiere Kia Sonet 7 Seater di Indonesia. Permintaan konsumen terhadap mobil keluarga tujuh penumpang di Indonesia yang besar, menjadikannya sangat tepat jika Compact SUV terbaru dari Kia ini melakukan debut dunianya di sini," ungkap Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, ujar Andrew Nasuri pada saat peluncuran KIA Sonet 7 Setaer secara virtual, Kamis.

Baca juga: Kia Sonet masuk Indonesia, harga mulai Rp193 juta

Kendaraan compact SUV ini sejalan dengan komitmen Kia Motors di Indonesia untuk terus memberikan dan juga menawarkan sebuah kendaraan SUV yang dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup bagi konsumen Tanah Air.

"Kia Sonet adalah bukan kendaraan pertama dan terakhir yang akan merubah fungsinya menjadi 7 setaer, Kia masih akan mempersiapkan line up berikutnay," kata dia.

Dalam hal ini, dengan adanya tambahan dua tempat duduk pada Kia Sonet jelas memberikan lebih banyak keleluasaan bagi konsumen compact SUV Kia di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Segmen MPV 7 Seater itu memang menjadi pasar terbesar saat ini, namun ada belakangan ini ada perubahan ke kendaraan compact SUV, maka dari itu kita luncurkan Kia Sonet 7 Seater saat ini untuk konsumen Indonesia," kata Marketing and Development Division Head KIA Ario Soerjo.

"Alasan kita menjadikan Kia Sonet 7 Seater adalah, ke depannya kami yakin bahwa penjualan dari Kia Sonet akan menjadi tulang punggung penjualan Kia di Indonesia," ucap dia.

Baca juga: Kia Sonet dibanderol di bawah Rp200 juta
Kia Sonet 7 seater (ANTARA/Ho)

Pada bagian kursi baris ketiga kendaraan ini mampu menampung dua orang dengan nyaman berkat kemampuan kursi baris keduanya yang kini dapat dimaju-mundurkan. Jika tidak digunakan, kursi baris ketiga juga dapat dilipat hingga menyuguhkan ruang bagasi yang rata untuk menyimpan barang.

"Meski tidak mengalami perubahan dimensi, mobil ini tidak mengurangi rasa kenyamanan dari penumpang yang ada di bagian kedua maupun baris ketiga," kata dia.

Kia Sonet Premiere 7 menjadi tipe tertinggi yang menawarkan fitur terlengkap. Fitur- fitur tersebut antara lain: Head Unit dengan layar sentuh LCD 10,25 inci, yang mampu terkoneksi dengan ponsel pintar melalui multiple Bluetooth connection.

Selain itu,terdapat juga Android Auto, Apple CarPlay, USB & AUX termasuk kemampuan beroperasi via voice recognition. Yang menarik salah satu fitur di dalamnya adalah kehadiran Qibla Direction untuk menunjukkan arah kiblat.

Untuk memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan, terdapat ventilasi penyejuk udara (AC) pada kabin tengah bagian atas yang sebelumnya digunakan untuk kehadiran sunroof.

Baca juga: Kia Sonet dipesan 6.523 unit pada hari pertama "booking online"

"Menang saat ini sunroof sudah tidak ada lagi pada Kia Sonet 7 Seater karena sudah beralih fungsi untuk kegunaan double blower," kata dia

Kia Sonet ini dibekali dengan mesin baru 1.5L Gamma II Smartstream Engine. Mesin 4- silinder 1493cc ini menghasilkan tenaga puncak 115 PS dan torsi maksimal 144 Nm yang disandingkan dengan transmisi manual 6-speed atau transmisi iVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8-speed virtual gear.

Untuk semakin meyakinkan konsumen tentang keamanan saat berkendara, Kia menghadirkan berbagai fitur keamanan mulai dari 6 airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal.

Selain itu masih ada lagi beragam fitur mulai dari Remote Engine Start, Wireless Smartphone Charger, dan Tire Pressure Monitor System. Kemudahan berkendara juga masih didukung dengan adanya Drive Mode dan Traction Control yang dimilikinya.

Kia Sonet 7 Seater hadir dengan enam pilihan warna, yaitu Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold.

Berikut daftar lengkap Kia Sonet 7 Seater:

- Kia Sonet Premiere 7 iVT Rp296.000.000
- Kia Sonet Dynamic 7 iVT Rp272.000.000
- Kia Sonet Smart 7 iVT Rp258.500.000
- Kia Sonet Smart 7 MT Rp245.500.000
- Kia Sonet Standard 7 MT Rp199.500.000


Baca juga: Kia unjuk desain mobil listrik EV6

Baca juga: Kia umumkan harga Niro PHEV dan Hybrid 2021

Baca juga: Kia "recall" 380.000 di AS yang beresiko terbakar



 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021