Jangan asal modifikasi velg jika tidak ingin mengundang bahaya

Jangan asal modifikasi velg jika tidak ingin mengundang bahaya

Honda Brio yang menggunakan produk dari HSR Wheel. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Komponen velg yang terdapat pada sebuah kendaraan tidak hanya hadir untuk keamanan dan kenyamanan, kehadiran velg juga dapat merubah sebuah tampilan dari kendaraan yang kita miliki.

"Velg merupakan komponen yang mempengaruhi tampilan mobil dari sisi luar, tampilan mobil akan menjadi lebih keren dan ganteng apabila menggunakan velg aftermarket. Terutama velg yang berkualitas dan dengan model desain yang ciamik tentunya," kata Marketing Director HSR Wheel, Hendra Wijaya dalam keterangan resminya, Jumat.

Kendati demikian, untuk memodifikasi sebuah velg tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika dilakukan secara tidak tepat, maka perubahan yang dilakukan dapat membahayakan keselamatan dari pemilik kendaraan.

Baca juga: HSR Wheel resmikan 14 toko sekaligus di Pulau Jawa

Community Manager HSR, Aldhy Rais menjelaskan bahwa untuk meningkatkan ukuran velg memang dapat menambah ketampanan dari sebuah kendaraan jika dilakukan secara tepat dengan batas yang sudah ditentukan.

"Batas maksimal upgrade velg mobil dari ukuran standar maksimal 2 inci. Jadi, misalkan ukuran standar velg mobil 14 inci, maka ukuran velg mobil tersebut bisa diupgrade hingga 16 inci. Ini dilakukan agar diameter roda mobil tetap sama, dan tidak mentok," jelas Aldhy.

Dalam hal ini, produsen velg lokal HSR Wheel juga menawarkan velg yang dapat digunakan bagi 29 kendaraan yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen.

Saat ini, HSR Wheel juga telah menyediakan berbagai jenis velg seperti HSR Kailolo dan HSR Nagano yang cocok untuk dipakai pada mobil seperti Honda City, Toyota Yaris dan Honda Brio RS.

Selain itu, HSR Wheel juga menghadirkan varian HSR Balige dan HSR Siak yang cocok digunakan untuk mobil jenis MPV seperti Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Serta ada HSR Tandam dan HSR Melawi yang cocok untuk SUV seperti Toyota Fortuner, Honda BR-V dan sekelasnya.

"Kita sebagai brand velg asli Indonesia juga menyediakan berbagai model desain dan ukuran untuk mobil-mobil yang ada di daftar PPnBM. Velg HSR sangat cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan lebih keren untuk mobil kesayangan. Terlebih kualitasnya sudah terjamin mampu melintasi berbagai medan jalan di Indonesia," kata Hendra.

Untuk urusan kualitas, tim dari HSR sendiri sudah mengujinya di berbagai medan jalan Indonesia yang diabadikan pada Obri On The Day (OOTD) Vol.2. Perjalanan menuju 13 kota di Pulau Jawa ini diadakan pada 5 Maret 2021 silam dengan perjalanan kurang lebih 17 hari.

Baca juga: Kenali jenis velg dan material berdasarkan pembuatannya

Baca juga: HSR Wheel hadirkan Boroko Series untuk modifikasi JDM

Baca juga: HSR Wheel resmikan 14 toko sekaligus di Pulau Jawa
Pewarta : Chairul Rohman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021