Alibaba hadirkan sepeda motor listrik FLY-3, termurah di dunia?

Alibaba hadirkan sepeda motor listrik FLY-3, termurah di dunia?

Tampilan FSTMOTO FLY-3. (Alibaba)

Jakarta (ANTARA) - Situs Electrek melalui seri tulisan "Awesomely Weird Alibaba EV of the Week" melaporkan telah menemukan sepeda motor listrik termurah di platform e-dagang besutan Jack Ma tersebut, bernama FLY-3.

Dikutip dari Electrek pada Minggu, FLY-3 dibanderol 1.082 dolar AS, atau Rp15,8 jutaan (konversi 1 dolar AS = Rp14.614,90).

Sepeda motor listrik tersebut ditawarkan dalam beberapa model, dengan tenaga motor mulai dari 3 kW hingga 8 kW yang juga cukup sederhana.

Bahkan pada tingkat rendah sekalipun, kecepatan tertingginya 80 km per jam (50 mph) membuat aktivitas mengitari perkotaan kecil yang lumayan. Perkiraan jarak tempuhnya sekira 60-70 km.

Baca juga: Erick ingin Indonesia jadi "leading sector" di baterai motor listrik

Baca juga: Hyundai dan LG berbagi biaya penggantian baterai kendaraan listrik


Menurut Micah Toll, penulis di Electrek, kendaraan ini memiliki cukup kekuatan dan kecepatan untuk membawanya ke berkendara dengan santai.

Sepeda motor listrik seberat 95 kg bisa dibilang cukup ringan sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga, dan baterai Li-ion 72V 35Ah dapat dengan mudah diserap hingga 75 km (47 mil) dari kerusakan ringan.

Paket baterai 2,5 kWh bahkan disembunyikan dalam wadah mesin gas semu. Ada pillion pegs dan tempat duduk yang cukup panjang untuk membonceng teman.

Sementara itu, sepeda motor listrik FLY-3 berasal dari pabrikan China WUXI FSTMOTO International Co., LTD.

Mengutip dari toko resminya di Alibaba, FLY-3 digambarkan perusahaan sebagai sepeda motor bertipe racing motorcycle, dengan kecepatan maksimal 80 km per jam, dan tenaga lebih kurang 2000 W.

Jenis baterainya menggunakan tipe Lead Acid Battery, dilengkapi dengan kapasitas baterai 72V 20 AH/30AH/35AH. FLY-3 tersedia dalam empat warna yaitu merah, hitam,biru, dan kuning.

Baca juga: Kementerian ESDM modifikasi sepeda motor bensin jadi listrik

Baca juga: Motor listrik diprediksi lebih cepat bertumbuh di Indonesia, kenapa?
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021