Yang jadi masalah kita di kabupaten/kota yakni ketersediaan vaksin
Makassar (ANTARA) - Juru Bicara COVID-19 Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Komang Krisna mengatakan daerahnya sementara tidak melanjutkan vaksinasi COVID-19 kepada warga lansia, imam dan pengurus masjid karena stok vaksin habis.

Komang Krisna di Makassar, Sabtu, mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi lansia dan pengurus masjid terakhir dilakukan pada Jumat (16/4).

"Yang jadi masalah kita di kabupaten/kota yakni ketersediaan vaksin. Banyak warga khususnya lansia yang datang ke posyandu lansia tapi stok vaksin kita sudah tidak ada," jelasnya.

Baca juga: PMI salurkan bantuan tunai untuk korban banjir bandang di Luwu Utara

Ia menjelaskan, total penerima vaksin untuk lansia di Kabupaten Luwu Utara tercatat sebanyak 24.189 orang. Sampai saat ini, jumlah lansia yang baru selesai divaksin tahap pertama baru sekitar 347 orang atau mencapai 1,34 persen.

Sementara untuk lansia yang sudah menjalani vaksinasi tahap kedua baru 11 orang atau 0,04 persen dari total jumlah lansia yang siap divaksinasi di daerah tersebut.

Baca juga: 50 unit hunian tetap diserahkan untuk korban banjir Luwu Utara

Mengenai keterbatasan vaksin, ia juga memahami karena produsen vaksin di beberapa negara juga tengah memprioritaskan kepada masyarakatnya sendiri.

"Yang tersedia saat ini hanya untuk persiapan pelaksanaan vaksin dosis kedua dan itu jumlahnya terbatas," jelasnya.

Baca juga: Dinkes investigasi dugaan warga Sulsel terpapar virus B117

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021