Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ke daerah terdampak gempa bermagnitudo 6,1 yang berpusat di Kabupaten Malang pada 10 April 2021.

"Bantuan ini langsung dikirim ke lokasi-lokasi yang sangat membutuhkan, baik di Malang maupun Lumajang," ujar Khofifah, di sela pelepasan bantuan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu.

Saat ini, kata dia, Jatim sedang melakukan upaya rekonstruksi di tiga kabupaten terdampak, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Blitar.

"Sekaligus proses validasi data agar lebih cepat rekonstruksinya. Dengan adanya pendataan, maka bisa divalidkan data mana rumah yang rusak berat, sedang dan ringan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, bantuan dari Pemprov Jateng nilainya sekitar Rp594 juta, yang terdiri dari uang tunai Rp250 juta dan lainnya, berupa logistik, seperti 1.000 kaleng sarden, 325 dus mi instan, 10 karton pembalut wanita, 20 karton popok bayi, tujuh kodi sarung, 40 dus popok bayi, dan 30 dus popok dewasa.

Selain itu, Jateng juga menerjunkan tim relawan untuk membantu petugas gabungan lain yang sudah berada di sejumlah titik lokasi bencana.

Bantuan diserahkan oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwo Pramana ke Gubernur Khofifah yang didampingi Kepala BPBD Jatim Heru Tjahjono, serta beberapa kepala OPD terkait lainnya.

"Kami juga sudah mengirim sayur dan telur asin yang merupakan produk lokal Jateng, tapi sudah sebagian ke lokasi karena sayur takut cepat rusak," tutur Sarwo Pramana.

Di sisi lain, Gubernur Khofifah pada Sabtu siang hingga malam dijadwalkan berada di Kabupaten Malang untuk melaksanakan sejumlah agenda kegiatan, terutama meninjau kembali lokasi bencana.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Jatim Yanuar Rachmadi mengatakan, kunjungan gubernur sekaligus memastikan percepatan validasi data sehingga proses rekonstruksi bagi masyarakat terdampak bisa berjalan sesuai harapan.

Dijadwalkan, gubernur bersama pejabat forkopimda mengunjungi Desa Jogomulyan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, dan dilanjutkan buka puasa bersama di Makodim 0818, serta menunaikan Shalat Tarawih berjamaan di pendapa kabupaten.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021