Jakarta (ANTARA) - Layanan GoMart dari Gojek mendapat apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) karena dapat membuka lapangan kerja untuk perempuan.

"Inisiatif Gojek lewat layanan GoMart yang merekrut ibu-ibu khususnya keluarga mitra driver sebagai asisten belanja patut didukung dan diacungi jempol," kata Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Vennetia Ryckerens Danes, dalam keterangan resmi, dikutip Minggu.

"Hal itu dapat menjadi peluang yang baik bagi perempuan agar dapat keluar dari situasi krisis yang diakibatkan oleh pandemi,” ucap Vennetia.

Baca juga: "Virus" keberlanjutan di ekosistem Gojek untuk kendalikan emisi GRK

GoMart merupakan ekosistem Gojek yang memberikan layanan belanja online grocery dengan asisten belanja berpengalaman Emak Jago. Istilah Emak Jago merujuk pada perempuan yang siap membantu pelanggan memastikan kesegaran dan kualitas terbaik dari bahan makanan, terutama produk segar.

Asisten belanja itu dilengkapi pelatihan untuk melayani kebutuhan belanja, mulai dari menerima pesanan hingga memilih bahan segar di supermarket dan hypermarket yang menjadi merchant GoMart.

Data dari Pusat Hukum Wanita Nasional (NWLC) mencatat antara Agustus hingga September 2020, hampir 1,1 juta pekerja usia 20 tahun ke atas keluar dari angkatan kerja.

Dari jumlah total tersebut, 865.000 di antaranya adalah perempuan. Hal itu menyatakan bahwa angka perempuan yang di-PHK lebih tinggi 4 kali lipat ketimbang jumlah laki-lakinya, yaitu 216.000 orang pekerja.

Baca juga: GoMart hadirkan promo hingga resep hidangan di bulan Ramadhan

"Sebagai perusahaan yang selalu mengedepankan dampak sosial, asisten belanja Emak Jago merupakan upaya kami untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk perempuan dan para ibu,” ujar Head of Groceries Gojek, Tarun Agarwal.

Perekrutan para Emak Jago dilakukan GoMart dengan mendahulukan keluarga maupun sanak saudara mitra driver Gojek yang juga mengalami tantangan selama masa pandemi.

GoMart disambut baik oleh salah satu merchant hypermarket pertama GoMart yakni LOTTE Mart. "Oleh karenanya, kami sangat senang dapat bekerja sama dengan GoMart untuk menawarkan pilihan belanja online di LOTTE Mart bagi masyarakat,” kata GM Online Business LOTTE Mart, Tony Suryadi.

Teknologi yang dihadirkan Gojek melalui GoMart ditambah dengan asisten belanja Emak Jago yang telah terlatih di outlet LOTTE Mart, kata Tony, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin berbelanja di LOTTE Mart secara online.

GoMart melakukan pembaruan stok harian hingga 4 kali secara otomatis di aplikasi pelanggan. Dengan fitur itu, pelanggan bisa langsung mengetahui saat produk yang ingin dibeli habis atau tidak tersedia di merchant yang dituju.

Fitur terbaru lainnya adalah chat antara pelanggan dengan Emak Jago, untuk memudahkan proses berbelanja. Selain itu, GoMart juga memberikan rekomendasi resep dalam aplikasi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik yang akan berguna terutama selama Ramadhan.

Baca juga: GoMart beri pembaruan fitur untuk permudah belanja saat Ramadhan

Baca juga: Gojek perluas layanan GoService dengan Pinhome

Baca juga: Analis: Beda dengan bank digital lain, ARTO didukung ekosistem Gojek

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021