Kemenkes buka akses publik untuk awasi vaksinasi COVID-19

Kemenkes buka akses publik untuk awasi vaksinasi COVID-19

Tangkapan layar dari penampakan informasi Dashboard Vaksinasi COVID-19' pada laman kemenkes.go.id, Senin (19/4/2021). ANTARA/Andi Firdaus.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan membuka informasi terkait data vaksinasi yang dapat diakses dan diawasi oleh seluruh masyarakat melalui laman resmi 'Dashboard Vaksinasi COVID-19'.

"Kita welcome untuk menerima masukan. intinya supaya ada kelola yang baik dan masyarakat juga bisa melihat dan bisa menilai seperti apa progres vaksinasi COVID-19,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Forum Diskusi media secara virtual, Minggu (18/4) malam.

Menurut Budi data vaksinasi yang saat ini dapat diakses melalui laman vaksin.kemkes.go.id diharapkan bisa mempermudah masyarakat melakukan pengecekan dan kontrol sosial.

Baca juga: Kemenkes mewaspadai transmisi lokal B117

"Masyarakat bisa sama-sama memantau progres vaksinasi dan ini juga bisa menjadi referensi utama satu data terkait dengan vaksinasi," katanya.

Dashboard Vaksinasi COVID-19 tidak hanya menampilkan segala informasi terkait vaksinasi, seperti Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), distribusi vaksin, sentra vaksinasi dan informasi penting lainnya.

Informasi yang saat ini telah disiapkan antara lain rekapitulasi capaian koordinasi harian di level nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Ke depan data akan disampaikan hingga tataran desa dan kelurahan.

Pada laman tersebut juga bisa dilihat cakupan peserta vaksinasi berdasarkan pemberian dosis pertama maupun kedua yang dilaporkan secara grafik maupun peta.

Informasi lainnya berkaitan dengan sasaran penerima vaksinasi yang diukur berdasarkan tahapan dari kategori peserta.

Sumber data yang ditampilkan berasal dari laporan Komite Penanganan COVID-19 (KPC-PEN) dan Aplikasi PCare milik Kemenkes.

Baca juga: Kemenkes buka sentra vaksinasi percepat vaksin lansia di Bulan April
Baca juga: Kemenkes imbau masyarakat tak pilih-pilih jenis vaksin
Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021