Mainz paksa Bayern tunda pesta juara

Mainz paksa Bayern tunda pesta juara

Gelandang serang FSV Mainz Robin Quaison (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak ke gawang Bayern Muenchen dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Opel Arena, Mainz, Jerman, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jakarta (ANTARA) - FSV Mainz memaksa Bayern Muenchen menunda pesta juara Liga Jerman seusai mengalahkan tamunya itu dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-31 di Stadion Opel Arena, Sabtu.

Gol-gol Jonathan Burkardt dan Robin Quaison di paruh pertama laga baru bisa dibalas oleh Robert Lewandowski untuk Bayern di pengujung injury time babak kedua, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Akibatnya, Bayern harus menunda kepastian gelar juara mereka, lantaran gagal menambah raihan 71 poin di puncak klasemen. Bayern bisa juara besok, apabila RB Leipzig yang terpaut 10 poin di bawah mereka kala melawan VfB Stuttgart pada Minggu (25/4) besok.

Sebaliknya bagi Mainz (34), kemenangan itu membuat mereka di ambang kepastian terselamatkan dari ancaman degradasi. Sebab Mainz naik ke urutan ke-12 dan punya jarak aman 18 poin dari Hertha Berlin yang masih punya enam pertandingan tersisa.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Bayern juara jika menang malam ini

Baru tiga menit pertandingan berjalan, tuan rumah mampu membuka keunggulan lewat sepakan voli Burkart menyambar bola liar hasil sundulan sapuan tak sempurna dari Jerome Boateng.

Gol itu menumbuhkan kepercayaan diri Mainz, sayang dua peluang mereka dari Danny Latza dan Danny da Costa masih bisa ditepis oleh kiper Manuel Neuer yang dua kali menepis bola dan membenturkannya ke tiang gawang.

Namun, pada menit ke-37, Neuer tak berkutik ketika Robin Quaison dengan tenang menanduk umpan tendangan bebas Philipp Mwene untuk menggandakan keunggulan Mainz.

Tim besutan Hansi Flick berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan dua gol tapi, dominasi 72 persen penguasaan bola yang mereka miliki hampir tak membuahkan hasil apapun.

Pada menit keempat injury time, Lewandowski yang baru kembali dari cedera lutut bisa menjebol gawang Mainz, tetapi hal itu berakhir hanya menjadi gol hiburan bagi Bayern yang kalah 1-2 dari tuan rumah.

Di pertandingan selanjutnya, Bayern akan menjamu Borussia Moenchengladbach di Allianz Arena pada Sabtu (8/5) dua pekan lagi, sedangkan Mainz sehari berselang bertandang ke markas Eintracht Frankfurt.

Baca juga: Cologne mentas dari zona degradasi seusai pecundangi Augsburg
Baca juga: Liga Jerman perketat karantina untuk tiga putaran pemungkas
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021