Dapat dipastikan, kami akan memberikan pendampingan dan dukungan berkelanjutan untuk para pelaku UMKM di Kota Surakarta agar mereka siap menembus pasar global
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan e-commerce Shopee membesut berbagai program strategis untuk meningkatkan kualitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tanah air agar memiliki produk berdaya saing hingga mampu merambah pasar ekspor, seperti yang dikerja samakan dengan Pemerintah Kota Surakarta.

“Dapat dipastikan, kami akan memberikan pendampingan dan dukungan berkelanjutan untuk para pelaku UMKM di Kota Surakarta agar mereka siap menembus pasar global,” kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja di Solo, Minggu.

Melalui kerja sama tersebut, Shopee membidik 10.000 eksportir baru dari para pelaku UMKM Kota Surakarta hingga akhir tahun ini, sekaligus menjadikan Kota Surakarta sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pendidikan Ekspor UMKM pertama.

Saat ini, Shopee mencatatkan keberhasilannya dalam program ekspor dengan peningkatan transaksi harian hingga enam kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020 - Januari 2021).

Melanjutkan komitmen tersebut, pada Februari 2021, sebanyak 1,5 juta produk pedagang lokal berhasil diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Program Ekspor Shopee Kreasi Nusantara “Dari Lokal untuk Global” ini juga akan terus dikembangkan dengan menambahkan jangkauan ekspor baru. Tidak hanya di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam yang telah berjalan sejak Maret, tapi tujuan ekspor juga akan merambah ke Amerika Selatan, yaitu Brazil.

Selain itu, dalam mendukung program pemerintah untuk memajukan UMKM, Shopee Indonesia juga berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor untuk dapat mewujudkan tercetaknya 500.000 eksportir baru hingga tahun 2030.

Program kolaborasi antara Shopee dengan Sekolah Ekspor ini turut didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan sudah dimulai sejak awal Maret 2021.

Kolaborasi antara Shopee dan Pemerintah Kota Surakarta diawali dengan rangkaian acara UMKM Solo Go Ekspor yang diadakan pada tanggal 23-24 April 2021.

Dalam acara tersebut, Shopee menghadirkan beragam talk show untuk para pelaku UMKM di Kota Surakarta dengan pilihan topik yang mengakomodir berbagai skala bisnis dengan kurikulum yang telah dikurasikan sesuai dengan kebutuhan yang berbeda.

Di hari pertama, para pelaku usaha lokal disuguhkan dengan talk show tentang kiat ekspansi bisnis yang menghadirkan Shandy Aulia selaku pemilik dari Shandy Aulia Collections, dan dua pelaku usaha lokal, yaitu Adhitya Caesarico selaku pemilik Aerostreet, dan Reni Afriyanti selaku pemilik Koyuhijab.

Di hari kedua, para pelaku UMKM di Kota Surakarta akan bisa belajar lebih lanjut mengenai serba-serbi Program Ekspor Shopee. Untuk memudahkan para pelaku bisnis mikro untuk mendapatkan informasi yang relevan, akan dihadirkan tokoh yang sudah berpartisipasi menjadi eksportir di Shopee, yakni Natasha Wilona selaku pemilik dari Marshwillow yang sudah berhasil ekspor.

Konsistensi Shopee untuk terus menambahkan destinasi ekspor baru diharapkan dapat membuka jalan yang lebih luas lagi untuk para pelaku usaha mikro.

Baca juga: Shopee gandeng Gibran Rakabuming wujudkan "UMKM Solo Go Ekspor"

Baca juga: Shopee Pilih Lokal kumpulkan produk lokal berkualitas


 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021