Leipzig dan Gladbach kembali ke jalur kemenangan

Leipzig dan Gladbach kembali ke jalur kemenangan

Penyerang RB Leipzig Emil Forsberg mengkonversi tendangan penalti untuk mencetak gol ke gawang VfB Stuttgart dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Minggu (25/4/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Annegret Hilse)

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig dan Borussia Moenchengladbach kembali ke jalur kemenangan setelah menundukkan tamunya masing-masing dalam rangkaian laga pekan ke-31 Liga Jerman.

Leipzig, yang bermain lebih awal pada Minggu malam tadi, mengalahkan 10 pemain VfB Stuttgart dengan skor 2-0 di Red Bull Arena.

Keuntungan besar didapatkan tim besutan Julian Nagelsmann lantaran tamu mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-14 lantaran Naoirou Ahamada diganjar kartu merah.

Wasit Deniz Aytekin awalnya hanya memberi kartu kuning kepada Ahamada yang melanggar Amadou Haidara, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR ia menaikkan hukumannya jadi kartu merah.

Baca juga: Leverkusen sengitkan persaingan empat besar dengan gebuk Frankfurt 3-1

Akan tetapi situasi 11 lawan 10 baru bisa dimanfaatkan oleh Leipzig saat babak kedua belum genap berusia semenit, kala Haidara menanduk umpan silang Dani Olmo demi menaklukkan kiper Gregor Kobel demi membuka keunggulan tuan rumah.

Keunggulan itu digandakan oleh Emil Forsberg melalui eksekusi tendangan penalti pada menit ke-67, setelah ia dijatuhkan oleh Kostas Mavropanos di dalam kotak terlarang.

Leipzig mudah saja mempertahankan keunggulan 2-0 yang mereka miliki atas Stuttgart hingga akhir laga, sebab lawannya itu hanya membukukan satu peluang tembakan di pengujung pertandingan lewat tandukan Wataru Endo yang melenceng di sisi gawang.

Leipzig yang berada di posisi kedua kini mengoleksi 64 poin dan memastikan pemuncak klasemen Bayern Muenchen tidak juara pekan ini, sebab mereka masih berada dalam jarak kejar tujuh poin dalam tiga putaran pertandingan terakhir.

Gladbach dekati lagi zona Eropa

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih larut dan baru rampung pada Senin dini hari WIB, Gladbach menang telak 5-0 atas Arminia Bielefeld di Borussia Park.

Penalti Ramy Bensebaini membawa Gladbach memimpin meyakinkan 3-0 atas tamunya, menyusul gol-gol Breel Embolo dan Marcus Thuram.

Embolo mencetak gol keduanya pada menit ke-69 dengan tembakan kaki kanannya menyelesaikan umpan kiriman Denis Zakaria.

Baca juga: Dortmund terus pangkas jarak dari empat besar

Enam menit jelang bubaran waktu normal, kiper Stefan Ortega dipaksa kembali memungut bola dari dalam gawangnya ketika gagal mengantisipasi tembakan jarak jauh Alassane Plea yang mengunci kemenangan 5-0 bagi Gladbach.

Gladbach kembali naik ke urutan ketujuh klasemen, setelah sempat digusur oleh Union Berlin kemarin, berbekal keunggulan selisih gol kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 46 poin.

Di sisi lain, Gladbach juga memangkas jarak dari zona Eropa kembali tersisa empat poin.

Baca juga: Mainz paksa Bayern tunda pesta juara
Baca juga: Cologne mentas dari zona degradasi seusai pecundangi Augsburg
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021