Jambi (ANTARA) - Pulau Kembang yang terletak di Kawasan Danau Sipin Kota Jambi menjadi salah satu lokasi wisata yang menyajikan keunikan bagi pengunjung yakni menikmati waktu berbuka puasa di atas ketek (perahu) sambil mengelilingi danau itu .

Baru sekitar 10 bulan lalu Pulau Kembang didirikan. Pulau Kembang hadir atas ide-ide kreatif Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Kembang.

Penggagas Pokdarwis yang juga selaku pengelola Pulau Kembang Jhon Herman di Jambi, Senin, mengatakan Pulau Kembang didirikan sebagai salah satu upaya untuk mendukung pengelolaan Danau Sipin sebagai destinasi wisata di Kota Jambi.

Sebagai pulau buatan, Pulau Kembang dibangun di atas lahan seluas 200 meter persegi. Di sini terdapat beberapa saung hingga spot-spot foto yang instagramable juga dengan sajian makanan khas Jambi.

Apalagi selama Ramadhan, Pulau Kembang memberikan layanan yang belum dimiliki tempat wisata lain di Jambi yakni berbuka puasa di atas perahu sambil berkeliling di Danau Sipin dengan menikmati makanan khas Jambi seperti tempoyak dan pindang atau sajian nasi liwet.

"Ini salah satu layanan yang sekarang kami tawarkan ke masyarakat Jambi, berbuka di atas ketek dengan sajian makanan pilihan yang beragam, mau 'ngeliwet' di atas daun pisang juga bisa," kata Jhon.

Mulai pukul 17.30 WIB perahu akan mulai berkeliling Danau Sipin, pengunjung bisa menikmati senja hari sambil melihat pemandangan Danau Sipin. Jhon menjelaskan, harga yang ditawarkan masih terjangkau hanya Rp55 ribu per orang.

Harga ini sudah termasuk makan di atas perahu dan layanan berkeliling dengan perahu khas di Danau Sipin itu. Pemesanan minimal 10 orang dari kapasitas satu ketek bisa menampung hingga 30 penumpang.

"Jam setengah 6 sudah berkeliling Danau Sipin, makannya bisa dipesan seperti nasi liwet yang dibentangkan di atas daun pisang atau hidangan makanan seperti biasa. Seru sekali makan di atas ketek sambil keliling Danau Sipin apalagi saat senja pemandangan sangat indah," ujarnya.

Selain layanan berbuka puasa di atas ketek, Pulau Kembang juga menyediakan saung-saung hingga tempat karaoke. Cocok buat pengunjung yang ingin mengadakan acara seperti arisan, gathering dan lainnya. Saat ini pengelola Pulau Kembang sedang menggratiskan biaya masuk area ini, di sini juga tersedia wisata sepeda gantung dengan biaya hanya Rp 10 ribu.

Pulau Kembang saat ini bekerjasama dengan para pemilik ketek wisata di kawasan Danau Sipin, sehingga Pulau Kembang siap mengakomodir berapapun permintaan pengunjung untuk menikmati sajian makanan berbuka puasa sambil mengelilingi Danau Sipin.
 

Pewarta: Syarif Abdullah dan Tuyani
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021