Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H. Maming menilai sosok Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan dapat membawa perubahan iklim investasi di Indonesia.

"Bang Bahlil ini adalah Ketua Dewan Pembina BPP Hipmi yang memiliki jaringan luas, akan berdampak positif dan membawa perubahan bagi iklim investasi di Indonesia. Kriteria itu penting untuk menggaet para investor berinvestasi atau menanamkan modalnya ke Indonesia, sehingga bisa meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan, yang mana berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Ketika Bahlil Lahadalia naik "pangkat" jadi Menteri Investasi

Maming juga menilai, pembentukan Kementerian Investasi akan memberikan kepastian kepada investor. Pasalnya, selama ini, ia mengaku pengusaha terkendala dengan masalah birokrasi antarkementerian sehingga realisasi investasi tidak optimal.

"Kami menilai, Bapak Presiden Jokowi merombak nomenklatur BKPM menjadi Kementerian Investasi sudah tepat, karena harus didesain efisien dan ramping, tapi tetap memiliki gugus fungsi yang jelas," ucapnya.

Baca juga: Kemarin, pelantikan menteri investasi hingga PLN uji coba bahan bakar

Maming menambahkan, terbentuknya Kementerian Investasi bakal mendorong fleksibilitas kebijakan yang memudahkan investor. Kementerian itu nantinya dapat mengambil keputusan bagi pelaksanaan investasi hingga tingkat pemerintah daerah.

"Dengan terbentuknya Kementerian Investasi, kami melihat adanya peluang peningkatan kinerja investasi pada 2021. Kalau ingin lihat investasi 2020 sebelum ada pandemi Covid-19, kami ada optimisme luar biasa pencapaian investasi dengan effort yang ada dari pemerintah akan tercapai dan melebihi target," tutup Maming.

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021