Partai Garuda dukung langkah KPK cegah korupsi

Partai Garuda dukung langkah KPK cegah korupsi

DPP Partai Garuda saat menerima kunjungan perwakilan KPK ke Kantor DPP Partai Garuda, Jakarta, Kamis (29-4-2021). ANTARA/HO-Partai Garuda

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Garuda Abdullah Mansuri mengatakan partainya mendukung langkah dan aksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

Abdullah Mansuri mengatakan bahwa partainya siap mengikuti program KPK yang meminta partai politik untuk ikut beragam kegiatan dalam rangka melakukan langkah pencegahan tindak pidana korupsi.

"Partai Garuda siap mengirim para kader terbaik untuk ikut serta (dalam program pencegahan korupsi), tidak hanya di pusat, teapi juga di daerah," kata Mansuri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Abdullah Mansuri mengemukakan hal itu ketika menerima kunjungan perwakilan KPK ke Kantor DPP Partai Garuda, Jakarta, Kamis.

Ia juga mengutarakan cara partainya meminimalisasi tindak pidana korupsi, yaitu para calon anggota legislatif (caleg) partainya menggunakan sistim gotong royong untuk kepentingan kampanye saat pemilu.

"Itu kami patungan, alhamdulillah, kursi kami di kabupaten/kota melebihi partai yang keuangan lebih dari kami," ujarnya.

Baca juga: Gugatan Partai Garuda soal verifikasi parpol tidak diterima MK

Dari hasil Pemilu 2019, kata Abdullah Mansuri, Partai Garuda memiliki lebih dari 90 wakil anggota di DPRD di seluruh Indonesia.

Mansuri mengatakan bahwa caleg Garuda yang merupakan tokoh pasar di sebuah pasar induk maka para pedagang pasar maupun masyarakat sekitar melakukan patungan untuk kepentingan kampanye.

"Hasilnya ketika kader Garuda masuk parlemen maka urusannya langsung ke rakyat," ujarnya.

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kuswijayanto Sudjadi menyambut baik program pencegahan korupsi Partai Garuda.

Kumbul menjelaskan kedatangan KPK ke kantor partai politik merupakan aksi saling mengingatkan sebagai ikhtiar pencegahan tindak pidana korupsi.

Kumbul Kuswijayanto Sudjadi mengatakan bahwa KPK menawarkan beragam program kerja sama, misalnya seminar antikorupsi, pendidikan, hingga menjadi media konsultasi untuk urusan tindak pidana korupsi.

Dengan langkah itu, dia berharap para kader partai politik memiliki integritas yang baik dan memiliki komitmen yang sama dalam melawan korupsi.

Baca juga: Partai Garuda tidak bisa ikut pemilu di Sukabumi

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021