Risma tekankan pegawai Kemensos jaga integritas pengelolaan data

Risma tekankan pegawai Kemensos jaga integritas pengelolaan data

Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan kepada seluruh pegawai di Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menegakkan disiplin dan menjaga integritas dalam penandatanganan Pakta Integritas di Jakarta, Senin (3/5/2021). (ANTARA/HO-Kemensos RI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan kepada seluruh pegawai di Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menegakkan disiplin dan menjaga integritas, terutama dalam pengelolaan data.

Mensos mengingatkan, kesalahan kecil bisa berakibat fatal, terutama bila disebabkan oleh cara kerja yang tidak berintegritas.

“Saya minta semua teman-teman di lingkungan Kementerian Sosial menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka, maka bisa berakibat kerugian negara sangat besar,” kata Mensos saat menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas para Tenaga Ahli di Kantor Kemensos, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Memperbaiki DTKS agar penyaluran bansos tepat sasaran

Penandatanganan Pakta Integritas melibatkan 60 petugas pengelola data di lingkungan Kementerian Sosial. Hadir sebagai saksi pejabat dari Mabes Polri dan Kejaksaan Agung.

Sebanyak tiga pegawai secara simbolik maju menandatangani pakta. Hadir dalam kesempatan ini para Pejabat Tinggi Madya dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Sosial.

Mensos menyatakan, acara semacam ini bukan main-main. Kegiatan hari ini adalah bagian dari prosedur untuk mendapatkan sertifikat ISO dalam pengamanan IT.

“Ini adalah salah satu prosedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan ISO. Harus disaksikan oleh kejaksaan dan Polri,” katanya.

Mensos mengingatkan, pengelolaan data dan juga anggaran di instansi pemerintahan, tidak sekedar melibatkan teknologi. Namun, juga harus memperhatikan kualitas manusia yang menggerakkannya.

“Karena itu saya pesan agar kegiatan penandatanganan Pakta Integritas ini berlangsung. Supaya kita semua harus hati-hati, tidak ceroboh,” kata dia.

Risma juga mengingatkan kepada seluruh pegawai Kemensos, saat ini ia terus memantau terkait proses hukum pengelolaan bansos.

Mensos menekankan agar seluruh pegawai memberikan upaya terbaiknya.

"Karena kita tidak tahu sampai kapan perjanjian kita sama Tuhan. Percayalah, bahwa Tuhan pun tidak akan tidur. Suatu saat kalau kita baik maka Tuhan akan menyaksikan,” kata dia.

Baca juga: Kemensos siapkan layanan pascatanggap darurat bagi pengungsi anak NTT
Baca juga: Mensos lapor KPK soal 21 juta data ganda penerima bansos dinonaktifkan
Baca juga: Risma sambangi KPK bahas perkembangan perbaikan data penerima bansos
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021