Larangan mudik, hanya Garuda yang terbang di Bandara Ternate

Larangan mudik, hanya Garuda yang terbang di Bandara Ternate

Suasana di terminal Bandara Baabullah Ternate pada Sabtu (8/5) nampak sepi (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara (Malut), menyebut Garuda Indonesia menjadi satu-satunya maskapai yang tetap beroperasi mengangkut penumpang dari dan ke berbagai kota melalui Bandara Sultan Baabullah.

"Selama larangan mudik diberlakukan sejak 6 hingga 17 Mei 2021, Garuda Indonesia mengangkut penumpang hanya lima kali, sedangkan jadwal sisanya mengangkut barang," kata Kepala UPBU Sultan Baabullah Ternate, Syamsuddin Soleman di Ternate, Sabtu.

Adapun jadwal Garuda Indonesia untuk rute Ternate ke berbagai kota tanggal 7 dan 8 Mei, kemudian 10 Mei dan 12 Mei, serta 18 Mei 2021.

Hal itu sesuai Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 yang antara lain menyebutkan calon penumpang yang akan berangkat harus memenuhi persyaratan di antaranya kunjungan keluarga meninggal dunia, perjalanan dinas, maupun mengunjungi keluarga dalam kondisi sakit.

Baca juga: Bandara Pekanbaru hanya layani satu penerbangan selama larangan mudik

Bahkan, seluruh penumpang yang hendak mudik keluar kota dari dan melalui Bandara Sultan Babullah Ternate dibatasi kapasitasnya dan harus memenuhi berbagai syarat yang telah diatur untuk bepergian.

"Penerbangan yang dibolehkan membawa kargo, orang yang melakukan perjalanan kerja atas persetujuan pusat, melayani orang sakit, hamil, dan berduka, dengan syarat harus ada surat dan data pendukung," ujarnya.

Dikatakannya, apabila melakukan perjalanan dinas atau lainnya harus disertai dengan surat perjalanan, kemudian disampaikan terhadap maskapai penerbangan bersangkutan agar disetujui dalam keberangkatannya. Bahkan, untuk pengawasan bandara tetap diperketat dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Larangan mudik, penerbangan ke NTT dihentikan sementara
 
Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021