Leeds jegal peluang Tottenham dekati empat besar

Leeds jegal peluang Tottenham dekati empat besar

Penyerang Leeds United Rodrigo Moreno (kanan) memeluk rekannya Raphinha saat merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Elland Road, Leeds, Inggris, Sabtu (8/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Michael Regan)

Jakarta (ANTARA) - Leeds United menjegal peluang Tottenham Hotspur mendekati empat besar klasemen Liga Inggris setelah menundukkan tamunya itu dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-35 di Stadion Elland Road, Sabtu.

Hasil itu membuat Tottenham yang berada di urutan keenam gagal menambah raihan 56 poin yang mereka miliki, masih tertinggal lima poin dari empat besar.

Sedangkan Leeds (50) yang menjaga catatan nirkalah mereka dalam laga kandang melawan tim-tim enam besar musim ini, naik ke posisi kesembilan klasemen sementara, demikian laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Tottenham ingin jadi tim enam besar pertama yang menang di Leeds

Tuan rumah bermain cukup agresif pada awal laga dan memaksa kiper Hugo Lloris melakukan penyelamatan atas tembakan Patrick Bamford pada menit ketujuh, sebelum dua menit berselang tembakan Pascal Struijk melambung dari sasaran.

Pada menit ke-13, agresivitas Leeds membuahkan hasil ketika Stuart Dallas dengan sigap menyambar bola liar di hadapan gawang Tottenham.

Berawal dari upaya Sergio Reguilon memotong umpan tarik Jack Harrison, Lloris dipaksa melakukan penyelamatan tapi bola memantul di hadapan Dallas yang berdiri bebas untuk menyambarnya membawa Leeds memimpin atas tamunya.

Kendati masih lebih dominan, keunggulan Leeds musnah pada menit ke-25 saat umpan terobosan Bamidele Alli bisa diselesaikan Son Heung-min untuk menaklukkan kiper Illan Meslier keluar dari sarangnya.

Enam menit berselang, Harry Kane merasa sudah membalikkan keadaan ketika memperdaya Meslier dengan tendangan congkel menyelesaikan umpan Alli, tetapi gol itu segera dianulir lantaran hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside di tepi lapangan.

Gareth Bale hampir mencetak gol bunuh diri pada menit ke-34, beruntung bola sundulan Robin Koch yang memantul karena pemain Wales itu masih mengarah ke sisi gawang.

Baca juga: Liga Super Eropa di mata Marcelo Bielsa
Baca juga: Bamford sesali kritik rasisme tak semasif penolakan Liga Super Eropa


Tiga menit sebelum turun minum, Leeds sukses merestorasi keunggulan mereka melalui gol sontekan jarak dekat Bamford menyelesaikan umpan tarik kiriman Ezgjan Alioski dan skor 2-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua dalam keadaan tertinggal, Kane kembali mendapati golnya dianulir karena offside, kendati ia sudah berhasil melewati Meslier saat menyelesaikan umpan dari Giovani Lo Celso.

Leeds balik mengancam gawang tamunya lagi pada menit ke-64 melalui tembakan sentuhan pertama Mateusz Klich, tetapi Lloris bisa menepis bola ke sisi gawang.

Pada menit ke-73 Kane melepaskan eksekusi tendangan bebas yang bisa melewati pagar hidup Leeds dan meninggalkan Meslier mati langkah, tetapi bola berakhir membentur mistar gawang sebelum meninggalkan lapangan.

Empat menit berselang, peluang lain yang dimiliki Tottenham melalui Erik Lamela bisa dihalau dengan penyelamatan gemilang oleh Meslier.

Leeds mengunci kemenangan mereka enam menit sebelum bubaran waktu normal saat Rodrigo Moreno lolos dari jebakan offside untuk menyelesaikan umpan kiriman Koch dan melesakkan gol ketiga timnya ke gawang Tottenham.

Pada pertandingan selanjutnya, Leeds akan melawat ke Turf Moor menghadapi Burnley pada Sabtu (15/5) pekan depan, sedangkan Tottenham sehari kemudian menjamu Wolverhampton.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Manchester City vs Chelsea jadi sorotan utama
Baca juga: Newcastle "selamat" dari ancaman degradasi setelah hantam Leicester
Baca juga: Belum hadapi City, Tuchel sudah bicarakan keuntungan lawannya
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021