Kuala Lumpur (ANTARA) - Pemerintah Malaysia menutup dua masjid yang berada di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur karena teridentifikasi dalam daftar Sistem Hotspots Identification For Dynamic Engagement (HIDE) sebagai lokasi beresiko penularan kasus COVID-19.

"Kami telah menerima perintah dari Bagian Pengurusan Masjid Kantor Agama Islam Wilayah Persekutuan untuk menutup Masjid Jamek Kampung Baru dan Masjid Saidina Abu Bakar As-Siddiq Bangsar," ujar Takmir Masjid Kampung Baru, Datuk Mansyur Usman di Kuala Lumpur, Ahad.

Dalam surat arahan tersebut disampaikan berdasarkan pernyataan pers Menteri Senior Pertahanan pada 8 Mei 2021 premis atau lokasi yang terdaftar dalam HIDE karena teridentifikasi sebagai lokasi berisiko penularan COVID-19 ditutup selama hari.

Datuk Mansyur Usman yang juga Presiden Komunitas Aceh di Malaysia tersebut mengatakan Masjid Jamek Kampung Baru ditutup tiga hari mulai Minggu siang (9/5) hingga Selasa (11/5).

Sementara itu jamaah Surau Ar-Rehlah Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Kampung Baru yang biasanya melakukan sholat teraweh berjamaah memilih hanya melakukan sampai sholat Isya saja.
Pengumuman penutupan Masjid Saidina Abu Bakar As-Siddiq Bangsar. ANTARA Foto/Datuk Mansyur Usman (1)


"Kami di Kampung Baru cuma sholat Isya saja. Mau melanjutkan teraweh tidak berani sebab Masjid Jamek Kampung Baru tutup," ujar pengurus PRIM Kampung Baru, Takhsis Anshori.

Sementara itu Dewan Kesejahteraan Masjid Baitul Ilmi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur di Jalan Tun Ismail membuka kembali sholat teraweh setelah sehari sebelumnya ditutup.

Panitia taraweh dalam pengumumannya mengatakan Panitia Sholat Tarawih menginformasikan bahwa Insya Allah malam ini kita akan mulai kembali sholat Isya dan Tarawih berjamaah.

"Harap memperhatikan protokol kesehatan. Check suhu dan scan MySejahtera sebelum memasuki hall. Bagi yang merasa kurang sehat mohon untuk tetap di rumah," tulis pengumuman tersebut.

Sedangkan Surau Ar-Rahman di lantai 2 Gedung World Trade Center (WTC) Jalan Putra Kuala Lumpur masih dibuka untuk jamaan sholat Isya dan teraweh.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021