Plt Gubernur Sulsel apresiasi masyarakat taati larangan mudik

Plt Gubernur Sulsel apresiasi masyarakat taati larangan mudik

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memeriksa kesiapan petugas saat Apel Pasukan Operasi Ketupat 2021 di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (5/5/2021).ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi kepatuhan masyarakat di Sulsel dalam mentaati aturan larangan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk pelarangan mudik sejak tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, sebagai upaya mencegah penularan COVID-19.

"Alhamdulillah, kondisi kepatuhan masyarakat cukup baik terhadap aturan larangan mudik," kata Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Senin.

Ia mengaku sudah mendapatkan laporan hasil pemantauan langsung dari Kepala Kesbangpol Sulsel, Asriady Sulaiman.

Pemantauan itu dilakukan bersama Dirlantas Polda Sulsel, DirBinmas Polda Sulsel, Kadis Perhubungan Sulsel, Kasatpol PP Sulsel di beberapa titik perbatasan.

Diantaranya perbatasan Makassar-Gowa (Mallengkeri), kawasan rekreasi di Tinggi Moncong (Malino), dan di Kecamatan Tombolo Pao perbatasan Sinjai Barat.

"Hasil pemantauan wilayah aglomerasi Gowa hingga perbatasan Sinjai sampai saat ini, posko perbatasan berlangsung terpadu bersama unsur-unsur Pemkab Gowa maupun Pemkab Sinjai (Dinkes, Satpol PP dan Dishub), Polres dan Kodim," ujarnya.

Baca juga: Pemudik di Makassar pilih jalur tikus hindari penyisiran petugas
Baca juga: Puluhan kendaraan masuk Sulbar diputar balik ke Sulsel


Andi Sudirman berharap, dengan pola pengamanan yang diberlakukan pemerintah atas aturan larangan mudik ini, bisa membantu menekan penyebaran COVID-19 di Sulsel.

Ia pun meminta masyarakat untuk tetap bersabar dan senantiasa disiplin dalam mengikuti aturan pemerintah.

"Dengan kepatuhan masyarakat, tentu kita menginginkan tidak lain agar keluarga kita yang berada di kampung tetap terjaga kondisi kesehatannya. Demikian pula dengan kita yang berada di luar dari wilayah perbatasan tersebut," jelasnya.

Kepala Kesbangpol Sulsel Asriady Sulaiman, menambahkan, saat melakukan pemantauan, pihaknya tidak ditemukan ada warga yang mudik melalui perbatasan. Para petugas di posko terpadu pun loyal dalam melaksanakan tugasnya meski di hari libur.

Baca juga: Perketat pengawasan kendaraan pemudik, Sulsel lakukan penyekatan
Baca juga: 400 kendaraan pemudik dihalau Satgas COVID-19 Sulsel
Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021