Arus balik di Cileunyi Bandung landai pada libur terakhir Lebaran

Arus balik di Cileunyi Bandung landai pada libur terakhir Lebaran

Situasi lalu lintas arus balik Lebaran di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.

Bandung (ANTARA) - Kondisi arus balik Lebaran 2021 di kawasan Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, cukup landai pada hari terakhir libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Minggu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa mengatakan puncak arus balik Lebaran ini telah terjadi pada Minggu siang ini. Meski begitu, menurutnya tidak ada kepadatan kendaraan yang berarti.

"Puncak arus balik sudah terjadi hari ini, tapi kondisi lalu lintas tetap aman (tidak ada kepadatan berarti)," kata Erik di Bandung, Minggu.

Baca juga: Jalan utama di Garut menuju Bandung macet

Baca juga: Polisi : Puncak arus balik jalur selatan terjadi hingga tengah malam


Menurutnya penyekatan pada arus balik ini dilakukan di delapan titik yang tersebar di Kabupaten Bandung. Selain itu pihaknya juga menambah satu titik penyekatan di rest area KM 149 B Tol Purbaleunyi.

Di titik itu kendaraan pemudik berpelat nopol luar wilayah Bandung dipisahkan untuk selanjutnya dilakukan tes antigen guna meminimalisasi penyebaran COVID-19 ketika pulang ke daerah asal.

Adapun sejak adanya larangan mudik, Erik mengatakan sudah ada 1.447 unit kendaraan yang diputarbalikkan. Kendaraan itu berasal dari luar Bandung yang bertujuan untuk mudik.

"Para pemudik tersebut tidak membawa surat kesehatan atau tes COVID-19," ujarnya.

Selain roda empat yang menggunakan jalan tol, para pemudik yang menggunakan sepeda motor juga nampak ramai, namun situasi lalu lintas masih tetap lancar.

Baca juga: Polisi sebut arus balik jalur selatan ke Bandung masih sepi pada H+2

Baca juga: Ribuan warga liburan Lebaran ke Kebun Binatang Bandung
Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021