Muslim Papua di Teluk Bintuni gotong royong dirikan masjid

Muslim Papua di Teluk Bintuni gotong royong dirikan masjid

Ilustrasi - Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Masjid Ridwanul Bahri Fasharkan TNI AL Manokwari, Kamis, (13/5/2021). ANTARA/Hans Arnold Kapisa.

Teluk Bintuni (ANTARA) - Warga Muslim Papua di dusun Anemer Tahiti, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat gotong royong mendirikan bangunan masjid permanen yang akan diberi nama Al-Jami'ah.

Abdul Yasir Nawarisa ketua panitia pembangunan masjid Al-Jami'ah mengatakan masjid itu mulai dibangun pada tahun 2019 dengan biaya swadaya.

Ia mengatakan sudah dua tahun berjalan, kini bangunan masjid itu baru mencapai 60 persen.

"Masjid Al-Jami'ah dibangun untuk diwariskan kepada generasi penerus kami di dusun ini," kata Abdul melalui sambungan telepon, Ahad.

Baca juga: Pos Terpadu Lebaran Polda Papua Barat mirip masjid

Baca juga: Harus terapkan prokes ketat, shalat tarawih di Kota Sorong diizinkan


Pembangunan masjid itu dilanjutkan setelah Lebaran ketupat atau tujuh hari setelah lebaran Idul Fitri 1442 H ini.

"Selama bulan suci Ramadhan, kegiatan pembangunan kami hentikan sementara, dan akan dilanjutkan setelah Hari Raya Idul Fitri," kata dia.

Abdul mengakui bahwa 50 persen penduduk Dusun Anemer adalah warga Muslim Papua, yang pada puluhan tahun silam beribadah di masjid sederhana beratap daun nibun dan berdinding kayu.

"Sudah saatnya generasi kami harus beribadah di masjid utuh dan permanen," kata dia.

Dia mengatakan bahwa sampai saat ini pintu sedekah masih terbuka bagi seluruh warga Indonesia untuk berikan dukungan donasi dalam pembangunan rumah ibadah itu.

"Selain masih berharap bantuan Pemerintah, kami juga berharap sumbangan sedekah dari setiap umat yang tergerak hatinya," kata dia.

Abdul mengatakan, bantuan sedekah berbagai pihak yang mendengar kabar ini pembangunan masjid tersebut dapat dikirim melalui nomor rekening BRI 1080-01-024732-50-5 atas nama Abdul Yasir Nawarisa, dengan mengkonfirmasi nomor telepon selulernya 0813-4483-2882

"Kami tidak bisa membalas apa-apa, namun doa kami, semoga Allah SWT Sang pemilik hidup melipatgandakan rezeki atas amal baik sesama anak bangsa yang peduli terhadap kami warga muslim Papua," kata Abdul.*

Baca juga: JK ajak muslim Papua Barat makmurkan masjid

Baca juga: Sejumlah masjid di Manokwari mulai gelar solat Jumat
Pewarta : Hans Arnold Kapisa
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021