Saya mau urusan masyarakat dipermudah, jangan dilamakan
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengecek laporan masyarakat terkait adanya pungutan liar (pungli) lewat inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat pada hari pertama kerja usai libur Lebaran.

"Lagi ngurus apa bang. Lama tidak ngurusnya. Enggak ada bayar-bayar kan. Pungli atau calo gitu," tanya Bobby kepada warga bernama Rehan asal Medan Helvetia, di Kantor Disdukcapil Kota Medan, Senin.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini ketika menyambangi sejumlah warga yang tampak sedang mengurus berkas kependudukan, dan menanyakan bagaimana kinerja Disdukcapil Kota Medan selama ini.

"Iya, saya urus KTP sama KK pak. Ini lagi antar berkas ke loketnya. Sejauh ini lancar pak," ujar Rehan sembari mengaku dirinya senang melihat kinerja Wali Kota Medan yang sering pantau kinerja aparatur sipil negara (ASN).

"Kalau sering di sidak gini, pasti pelayanan ASN akan meningkat. Kami apresiasi gaya memimpin pak wali sekarang," kata Rehan.

Selain mengecek pelayanan publik agar terbebas dari pungli, ujar Wali Kota, pihaknya juga ingin memastikan seluruh ASN telah masuk kerja tanpa terkecuali dengan mendatangi seluruh ruangan di instansi ini.

Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain tampak menjelaskan setiap pertanyaan yang dilontarkan Wali Kota Medan dalam sidak tersebut.

"Saya mau urusan masyarakat dipermudah, jangan dilamakan. Jangan sampai warga bolak-balik, kan kasian habis waktu mereka," kata Wali Kota Bobby pula.
Baca juga: Hari pertama kerja, Wali Kota Medan lakukan sidak ke Disdukcapil

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021