Bandarlampung (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung mencatat ada 14 orang pelaku perjalanan yang dinyatakan positif COVID-19 saat pelaksanaan penyekatan arus balik Lebaran 2021 berlangsung.

"Tercatat ada 14 orang pelaku perjalanan yang positif COVID-19 saat penyekatan arus balik," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Senin.

Dia menjelaskan 14 orang pelaku perjalanan tersebut kini tengah menjalani isolasi di sejumlah fasilitas kesehatan.

Baca juga: Menhub: Pelaku perjalanan dapat tes usap antigen di daerah asal

"Lampung diperintahkan untuk melakukan penyekatan mobilitas masyarakat sejak 15 Mei lalu, dan didapati ada 14 orang yang positif COVID-19 dari pemeriksaan antigen saat ini semua sedang melakukan isolasi dan perawatan," ujarnya.

Ia mengatakan sejumlah fasilitas kesehatan yang melakukan perawatan bagi 14 orang tersebut meliputi Rumah Sakit Bandar Negara Husada, Puskesmas Penengahan, dan salah satu hotel di Lampung Selatan.

"Nanti setelah 10 hari masa isolasi, kami akan lakukan tes usap ulang ke 14 orang pelaku perjalanan tersebut, untuk memastikan kesehatannya," katanya.

Menurutnya, pembiayaan bagi pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif COVID-19 selama masa pengetatan mobilitas masyarakat akan ditanggung oleh pemerintah.

"Pembiayaan pengobatan selama isolasi dan perawatan akan dilakukan oleh pemerintah pusat yang diawasi serta didampingi oleh BPKP," ujar Reihana.

Reihana mengatakan selama pengetatan mobilitas masyarakat untuk mencegah persebaran COVID-19 antarpulau telah disediakan sebanyak 200 ribu alat tes antigen oleh pemerintah pusat.

"Untuk tes antigen dari pusat telah disediakan 200 ribu, sedangkan kantor kesehatan pelabuhan (KKP) sudah menyiapkan sekitar 40 ribu, diharapkan ini dapat memutus mata rantai persebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Kemenkes: 59 pelaku perjalanan asal India positif COVID-19
Baca juga: Pengetatan prokes bagi pelaku perjalanan luar negeri cegah penyebaran

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021