Mataram (ANTARA) - Bidang Humas Polda Nusa Tenggara Barat membuat film pendek bergenre komedi berjudul "Pagah d Lok Don" guna mengedukasi masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan.

Dalam film yang disyuting pada hari Sabtu (8/5) berlokasi di sekitar Tembolak Pelangi itu, menceritakan tentang dua sahabat yang ingin mengelabui petugas saat kegiatan penyekatan yang dilakukan personel Polda NTB untuk mengantisipasi pemudik dalam perayaan lebaran tahun 2021.

"Film ini kami buat sebagai sarana edukasi untuk masyarakat tentang kebijakan pemerintah terkait larangan mudik guna mencegah penyebaran COVID-19," ungkap Kabidhumas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK MH, Kamis (20/5).

Baca juga: Prokes masyarakat perairan di Kalsel rendah, TNI-AL beri edukasi

Artanto menjelaskan dalam film pendek tersebut diperankan oleh dua personel Bidhumas Polda NTB sendiri yakni Briptu Maman dan Briptu M Tauffan sebagai pagah dan don.

Sedangkan untuk pemeran Polantas melibatkan anggota dari Sat Lantas Polresta Mataram yakni Aipda Kiki dan Bripda Astried.

"Film ini berisi pesan larangan mudik yang menggambarkan bahwa dalam menjalankan tugas jangan coba-coba untuk mengelabui petugas," katanya.

Ia menceritakan dalam film yang berdurasi kurang lebih dua menit itu, Pagah dan Don yang niat hati ingin mudik ke kampung halaman, namun karena kebijakan pemerintah melarang mudik.

Baca juga: Satgas COVID-19 Pekalongan-Jateng harus tingkatkan edukasi prokes

Mereka pun berencana licik dengan berpura-pura menjadi pengantar paket yang membawa kardus besar untuk mengelabui petugas yang melakukan penyekatan arus lalu lintas.

"Di dalam kardus ini ternyata salah satu dari pemuda tersebut yakni si don yang bertubuh bongsor bersembunyi di sana bersama barang bawaanya yang akan di bawa pulang kampung," ucap Artanto.

Namun di tengah perjalanan nasib sial pun dialami mereka karena si Pagah tidak menggunakan masker saat berkendara yang akhirnya itu membuat rencana pulang kampung mereka pun gagal total dan ketahuan oleh petugas di sana.

Dalam scene akhir di film pendek tersebut memperlihatkan Kabidhumas Polda NTB yang didampingi Kasat Lantas Polresta Mataram dan tiga personelnya kaget karena menemukan manusia di dalam kardus dan mereka pun kompak tepuk jidat karena kelakuan dua pemuda tersebut.

Selengkapnya tentang film karya Bidhumas Polda NTB tersebut silahkan cek link youtube pagah d lok don official https://youtu.be/5hs7ODCfdwY atau kunjungi Instagram resmi Polda NTB dengan nama akun @PoldaNTB.

Baca juga: Pontianak: Kaum ibu berperan berikan edukasi prokes bagi keluarga
Baca juga: PMI edukasi pengungsi pentingnya penerapan prokes

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021