Manado (ANTARA) - BNI Kanwil Manado melakukan kurasi kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk masuk dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang rencananya berlangsung pada Juli 2021 mendatang di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami mengurasi sebanyak 111 UMKM di Sulut agar bisa masuk kegiatan BBI nanti," kata CEO BNI Manado Koko Prawira Butar-butar, di Manado, Senin.

Kementerian Perdagangan selaku movement manager bekerja sama dengan BNI dan Bank Indonesia (BI) ditunjuk untuk mensukseskan Gernas BBI di Sulut.

PT Bank Negara Indonesia Wilayah 11 Manado menjadi kurator UMKM Sulut yang nantinya akan ditampilkan pada kegiatan berskala nasional tersebut.

BNI, katanya, terus mempersiapkan UMKM dengan melakukan penguatan Artisanal Gernas BBI bersama Kantor Perwakilan BI Sulut.

“Kami bersama BI melakukan kurasi produk pilihan, misalnya makanan olahan, kerajinan, kain dan kopi kepada 111 UMKM," kata Koko.

Koko berharap tahapan penguatan artisanal ini bertujuan meningkatkan kualitas dan pendampingan UMKM Sulut.

Aktivitas yang dilaksanakan antara lain mengidentifikasi produk unggulan, pendampingan usaha hingga kemitraan artisan dan melakukan upaya onboarding UMKM pada platform ecommerce untuk transaksi online.

“Kegiatan ini akan mendorong penciptaan nilai tambah produk UMKM sehingga dapat mengikuti tren pasar dalam dan luar negeri, serta mampu meningkatkan daya saing dan meraih peluang ekspor produk UMKM," katanya.

Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, transformasi UMKM untuk menjadi lebih digital menjadi sangat relevan.

Koko menjelaska , Gernas BBI merupakan bentuk program dukungan terhadap produk dalam negeri, UMKM, dan ekonomi nasional yang diresmikan oleh Presiden RI sejak 2020.

Dengan program ini, diharapkan dapat mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga menggunakan produk lokal dan meningkatkan perekonomian domestik.

Pada 2020, Gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM onboading ke platform e-commerce.

Tahun 2021 BBI akan lebih fokus kembangkan potensi daerah.
Baca juga: Gernas BBI, Menperin ajak masyarakat beli produk dalam negeri
Baca juga: Kemenperin jadi "movement manager" Gernas BBI Mei
Baca juga: Menko Marves optimistis 30 juta UMKM "onboarding" pada 2023


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021