Siapa saja yang akan berlaga di Liga Champions musim depan?

Siapa saja yang akan berlaga di Liga Champions musim depan?

Ilustrasi - Para pemain Bayern Muenchen mengangkat Piala setelah berhasil menjuarai Liga Champions 2019/2020 usai mengalahkan Paris St Germain dalam laga final Liga Champions, diĀ Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). ANTARA FOTO/Pool via Reuters-/David Ramosz/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 26 tim sudah dipastikan akan berlaga di fase grup Liga Champions musim 2021/22 setelah rampungnya liga-liga domestik serta final Liga Champions dan Liga Europa musim ini.

Seperti yang sudah berlaku dalam tiga tahun terakhir, 26 tiket fase grup Liga Champions sudah ditentukan berdasarkan hasil liga domestik, Liga Champions dan Liga Europa musim sebelumnya.

Rinciannya adalah dua tiket dialokasikan untuk juara bertahan Liga Champions dan Liga Europa serta 10 tiket untuk juara liga domestik 10 peringkat teratas koefisiensi UEFA.

Lantas enam tiket untuk tim runner-up liga domestik enam peringkat teratas koefisiensi UEFA

Serta delapan tiket masing-masing untuk tim urutan ketiga dan keempat liga domestik empat peringkat teratas koefisiensi UEFA.

Baca juga: Kenali tiga kompetisi klub Eropa musim depan
Baca juga: Tuchel pastikan Chelsea percaya diri tantang City di final

Meskipun final Liga Champions belum dimainkan, tetapi dua tim finalis, yakni Manchester City dan Chelsea, sudah lolos berdasarkan peringkat di liga domestiknya, sehingga jatah tiket fase grup lungsur ke juara Liga Turki, Besiktas, yang liganya menempati peringkat ke-11 koefisiensi UEFA.

Sedangkan Villarreal yang menjuarai Liga Europa 2020/21, langsung mendapat hak tampil di babak utama Liga Champions musim depan kendati hanya finis di posisi ketujuh klasemen akhir Liga Spanyol.

Dengan kata lain, Villarreal langsung naik dua kelas, dari yang seharusnya mengikuti babak playoff kualifikasi kompetisi strata ketiga UEFA Liga Conference menjadi langsung ke Liga Champions.

Baca juga: Villarreal juarai Liga Europa usai taklukkan MU lewat adu penalti
Baca juga: Liga Europa memang liganya Unai Emery


Sebanyak 21 dari 26 tim yang sudah mendapat tiket fase grup Liga Champions, musim lalu juga ambil bagian dalam babak utama kompetisi paling bergengsi Eropa tersebut.

Bahkan Real Madrid yang juga merupakan pengoleksi gelar terbanyak kompetisi itu dengan 13 kali juara (termasuk enam kali era Piala Champions) sudah 25 musim tidak pernah absen dari babak utama Liga Champions.

Sementara itu, lima tim berkesempatan kembali ke babak utama Liga Champions setelah sempat absen setidaknya satu musim, seperti Lille yang musim ini absen tapi akan tampil musim depan, masuk sebagai jawara baru negeri Prancis.

Besiktas yang dapat tiket lungsuran karena partai final musim ini mempertemukan City dan Chelsea, juga kembali ke babak utama Liga Champions setelah absen dua musim dan terakhir kali tampil pada 2017/18.

Periode yang sama juga dirasakan oleh Sporting CP yang kali ini tiba berstatus juara Liga Portugal, setelah memungkasi paceklik gelar 19 tahun lamanya.

Baca juga: Sporting pungkasi paceklik juara liga Portugal 19 tahun lamanya
Baca juga: Wolfsburg raih tiket terakhir Liga Champions kendati diimbangi Leipzig


Sedangkan VfL Wolfsburg sudah lima musim absen, ketika terakhir kali mereka bisa meraih tiket Liga Champions saat masih diperkuat talenta muda bernama Kevin de Bruyne, walaupun di musim 2015/16 pemain asal Belgia itu sudah berganti seragam dan pindah kandang ke Etihad.

Sementara AC Milan, yang terus mengenakan emblem kehormatan sebagai tim pengoleksi tujuh trofi Champions, kembali lagi ke kompetisi kasta tertinggi Eropa setelah absen tujuh tahun lamanya.

Sang juara Liga Europa, Villarreal, merupakan tim yang paling lama sudah absen dan kini kembali ke babak utama Champions musim depan. Tepat satu dasawarsa silam Villarreal terakhir kali merasakan babak utama Champions pada musim 2011/12, sayang kala itu mereka berakhir dengan raihan nol poin di fase grup.

Baca juga: AC Milan dan Juventus rebut dua sisa tiket Liga Champions
Baca juga: Sergio Aguero segera hijrah ke Barcelona usai final Liga Champions


Berikut adalah tim-tim yang sudah meraih tiket fase grup Liga Champions 2021/22 (negara berdasar peringkat koefisiensi, klub berdasar peringkat akhir domestik):

Spanyol: Atletico Madrid, Real Madrid, Barcelona, Sevilla & Villarreal

Inggris: Manchester City, Manchester United, Liverpool & Chelsea

Jerman: Bayern Muenchen, RB Leipzig, Borussia Dortmund & VfL Wolfsburg

Italia: Inter Milan, AC Milan, Atalanta & Juventus

Prancis: Lille & Paris Saint-Germain

Portugal: Sporting CP & Porto

Rusia: Zenit Saint Petersburg

Belgia: Club Brugge

Ukraina: Dynamo Kiev

Belanda: Ajax

Turki: Besiktas

Baca juga: Bagi Klopp masuk Liga Champions saja sudah cukup
Baca juga: Pemilik Manchester City tanggung ongkos suporter ke final Champions
Baca juga: Final Liga Champions resmi dipindahkan dari Instanbul ke Porto
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021