Dari peristiwa itu, ada sekitar 1.762 jiwa yang terdampak
Bandung (ANTARA) - Sebanyak 500 rumah warga terendam banjir di Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, akibat tanggul Sungai Cisunggalah jebol setelah turunnya hujan dengan intensitas tinggi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung Hendra Hidayat di Bandung, Rabu sore mengatakan banjir tersebut terjadi di RW 1 dan RW 2 Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk. Dari peristiwa itu, ada sekitar 1.762 jiwa yang terdampak.

"Itu info sementara, ada 20 rusak ringan dan 9 rumah rusak berat," katanya.

Selain itu, ada dua orang yang mengalami luka akibat peristiwa tersebut. Kedua orang tersebut, kata Hendra, telah dilarikan ke rumah sakit setempat.

Sejauh ini BPBD Kabupaten Bandung menurutnya telah melakukan assesmen dan berkoordinasi dengan pihak desa untuk menangani tanggul tersebut.

Adapun saat ini para warga pun melakukan pembuatan tanggul sementara dengan karung pasir serta bambu untuk menahan air dari sungai agar tak kembali meluap ke permukiman warga.

"Saat ini warga belum bisa beraktifitas di rumahnya bahkan banyak rumah warga yang tertimbun tanah," katanya.

Berdasarkan pantauan terakhir ketinggian air di kawasan tersebut masih setinggi 40 centimeter. Kini kendaraan sudah kembali bisa melalui kawasan tersebut meski harus menerobos banjir, demikian Hendra Hidayat.

Baca juga: Ribuan rumah warga kebanjiran di Kabupaten Bandung

Baca juga: Kolam retensi untuk mencegah banjir mulai dibangun di Bandung

Baca juga: BPBD Jabar: Tiga Dusun di Ciparay Kabupaten Bandung terendam banjir

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021