Tour de Loksado merupakan event ketiga digelar setelah 2018 dan 2019, sedangkan 2020 ditiadakan karena pandemi COVID-19.
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggenjot promosi wisata alam daerah antara lain dengan kembali menggelar "event sport tourism tour de Lokasado 2021".

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel di Muhammad Sarifuddin di Banjarmasin, Rabu mengatakan, Tour de Loksado merupakan event ketiga digelar setelah 2018 dan 2019, sedangkan 2020 ditiadakan karena pandemi COVID-19.

"Tahun ini rencananya dilanjutkan lagi, namun semua tahapan kegiatan dirancang dengan protokol kesehatan ketat dan jauh dari pemukiman warga untuk menghindari kerumunan," katanya.

Menurut Sarifuddin, "Tour de Loksado" merupakan kegiatan pariwisata yang dipadukan olahraga dengan tujuan mempromosikan tempat wisata Loksado, Kalsel.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta mendapat informasi tentang potensi serta perkembangan tujuan wisata daerah," katanya.

Selanjutnya, tambah dia, para peserta akan memberikan informasi terkait daya tarik wisata di Kalsel, baik melalui pengalaman maupun melalui melalui aktivitas media sosial peserta.
Baca juga: Kalsel gelar 32 event pariwisata sedot kunjungan turis
Baca juga: Kemendes PDTT dorong puluhan desa di Kalsel jadi desa wisata


Event tour sepeda terbesar di Kalsel nantinya akan dibagi menjadi event Kompetisi KOM (king of Mountain), QOM (Queen of Mountain) khusus bagi sepeda Road Bike yang diselenggarakan dengan memperhatikan aspek kebersihan, kesehatan, keamanan dan ramah lingkungan (CHSE) dalam konsep hybrid, kombinasi antara offline dan online.

Peserta kegiatan, dibatasi hanya sekitar 255 peserta dan diagendakan berlangsung 17 Juni, menyediakan hadiah berupa dua unit sepeda motor, 3 unit sepeda full set, 4 unit sepeda lipat, tv, smartphone, kioas angin, dispenser, dan rice cooker, 6 unit tas sepeda, serta 6 unit helm.

Panitia lomba akan memilih pemenang kategori pria dan wanita semua umur, pria umur 16 - 25 tahun, umur 26 - 35 tahun, umur 36 - 40 tahun, umur 41 - 45, dan umur 46 ke atas. Pengumuman pemenang doorprize dilakukan virtual dan disiarkan secara live melalui media sosial.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, jua digelar lomba foto dan video wonderfull loksado, untuk mempromosikan keindahan dan pesona Loksado.

Tujuan lain, mendorong masyarakat berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata Loksado, dan mengapresiasi mereka yang terlibat dalam kompetisi lomba.

Pemenang lomba 1, 2, dan 3 foto akan mendapat hadiah Rp5 juta, Rp3,5 juta, dan Rp2 juta. Sedangkan pemenang lomba video adalah Rp6 juta untuk juara 1, sebesar Rp5 juga untuk juara 2, dan juara 3 diberi Rp4 juta.

Pj Gubernur dalam arahannya mengingatkan, apa pun kegiatannya, prokes yang harus diperhatikan.

"Sebelum dilaunching, simulasi dulu minimal 50 orang, supaya kita tahu gambarannya, prokes dipenuhi atau tidak," ujar Safrizal.

Pesan lain, panitia diminta melaporkan rencana kegiatan ke kementerian terkait. Kalau perlu mengundang menteri yang bersangkutan, ikut dalam kegiatan.

Safrizal juga meminta panitia melakukan tes cepat antigen sendiri, bukan peserta yang diharuskan membawa bukti tes (tes mandiri), ditambah aplikasinya.
Baca juga: Kawasan pariwisata Loksado, Kalsel mulai terima kunjungan
Baca juga: Lanting Paring Sungai Amandit jadi atraksi di Festival Loksado Kalsel

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021