Tingkatkan kualitas layanan perpustakaan, Bekasi pakai "Inslite"

Tingkatkan kualitas layanan perpustakaan, Bekasi pakai

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar kegiatan pelatihan dan penerapan aplikasi "Inlislite" di Perpustakaan Umum Cikarang Utara Kabupaten Bekasi pada Rabu (2/6/2021). (FOTO ANTARA/ Pradita Kurniawan Syah).

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memakai aplikasi "Inlislite" guna meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan sekaligus meningkatkan minat baca masyarakat.

"Sebagai langkah awal, kami melakukan sosialisasi dan pelatihan aplikasi ini kepada pegawai perpustakaan," kata Pustakawan Ahli Pratama Bidang Perpustakaan Disarpus Kabupaten Bekasi Githa di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan tujuan pelatihan ini untuk memperkenalkan aplikasi Inlislite kepada pegawai perpustakaan serta memudahkan dalam menjalankan program kerja.

"Seperti mengontrol semua proses peminjaman, penataan buku, serta untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan agar minat budaya baca masyarakat meningkat," katanya.

Ia menjelaskan aplikasi Inlislite merupakan perangkat lunak otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) untuk mengembangkan perpustakaan digital.

Menurut dia aplikasi ini sudah sangat dinantikan sejak lama oleh seluruh pegawai perpustakan Kabupaten Bekasi karena memudahkan dalam pengelolaan buku.

"Alhamdullilah antusias dari peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sangat baik karena ini khan yang dinanti-nantikan oleh mereka sejak lama untuk memudahkan mereka dalam pengelolaan buku," katanya.

Pihaknya juga berharap penerapan aplikasi Inlislite ini memudahkan pemustaka dan masyarakat dalam membaca atau meminjam buku di perpustakan.

"Semoga dengan adanya aplikasi Inlislite, perpustakaan di Kabupaten Bekasi bisa dengan cepat terotomasi karena akan memudahkan tugas pemustaka dalam mengelola perpustakaan," demikian Githa.

Baca juga: Perpusnas : PSBB bisa diisi dengan membaca buku melalui aplikasi

Baca juga: Bekasi kukuhkan duta baca tingkatkan budaya gemar membaca

Baca juga: Bekasi raih penghargaan tata kelola arsip ANRI

Baca juga: Bekasi ajak pengusaha salurkan CSR bangun perpustakaan


 
Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021