Lokasi bunga langka dilindungi Rafflesia kemumu terletak di kawasan hutan lindung Boven Lais Palak Siring, Kabupaten Bengkulu Utara sedangkan Rafflesia arnoldii mekar di Kawasan Hutan Lindung Rindu Hati, Kabupaten Bengkulu Tengah
Bengkulu (ANTARA) - Dua jenis bunga Rafflesia sp, yakni jenis Rafflesia arnoldii dan Rafflesia kemumu kembali mekar di dua lokasi di Provinsi Bengkulu, yakni di Kecamatan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara dan Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Saat ini ada dua bunga rafflesia yang mekar di dua kabupaten di Bengkulu dan keunikan bunga ini masih dapat dinikmati hingga beberapa hari ke depan," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian, Kamis, di Bengkulu.

Ia mengatakan lokasi bunga langka dilindungi Rafflesia kemumu terletak di kawasan hutan lindung Boven Lais Palak Siring, Kabupaten Bengkulu Utara sedangkan Rafflesia arnoldii mekar di Kawasan Hutan Lindung Rindu Hati, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pengurus KPPL Bengkulu Utara, Dani Umbara menyebutkan jarak dari depan gerbang masuk objek wisata Palak Siring ke lokasi mekarnya bunga rafflesia dapat dijangkau dengan berjalan kaki sekira 30 menit.

"Di kawasan wisata Kemumu sudah banyak bunga rafflesia yang mekar bergantian karena ada beberapa titik habitat, termasuk yang sedang mekar saat ini jenis Rafflesia kemumu," katanya.

Ia menyarankan bagi masyarakat yang ingin berkunjung dan melihat langsung mekarnya bunga rafflesia bisa datang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan.

Selain itu pengunjung juga diimbau untuk memakai pakaian "outdoor" seperti ingin mendaki atau hiking, sebab banyak pengunjung yang salah kostum saat datang ke lokasi.

Pihaknya berharap agar habitat bunga Rafflesia lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat sebab saat ini kondisi hutan habitat bunga rafflesia sangat memprihatinkan.

"Kondisi huta habitat rafflesia sebagai ikon Bengkulu saat ini sangat memprihatinkan karena itu semua pihak perlu memberikan perhatian dan perlindungan," demikian Dani Umbara.

Baca juga: 15 bunga rafflesia tercatat mekar di Bukit Barisan Bengkulu

Baca juga: Bengkulu ajak warga lestarikan habitat rafflesia arnoldii

Baca juga: Rafflesia Patma di Kebun Raya Bogor mekar lagi

Baca juga: Raflesia jenis bengkuluensis mekar di Bengkulu

Pewarta: Helti Marini S
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021