Jakarta (ANTARA) - Mantan Ketua Umum PSSI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan saat nonton bareng Euro 2020 yang dimulai Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB, setelah tertunda akibat pandemi Covid-19.

Melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Sabtu, LaNyalla, mengatakan, Piala Eropa memiliki magnet tersendiri bagi pecinta sepak bola, ternasuk di Indonesia sehingga perhelatan akbar ini kerap membuat masyarakat menggelar nonton bareng (nobar).

"Euro adalah turnamen berkelas yang diikuti negara-negara sepak bola terbaik di Benua Eropa. Perhatian pencinta sepak bola dunia bisa dipastikan akan tertuju ke Euro, seperti halnya Piala Dunia," kata tokoh sepak bola yang kini menjabat Ketua DPD RI itu.

"Biasanya, nobar selalu digelar, baik resmi maupun tidak. Dalam kondisi pandemi, nobar resmi mungkin bisa dihindari, tapi nobar tidak resmi di masyarakat bisa terjadi. Apalagi ini hiburan yang sangat luar biasa. Saya hanya mengimbau agar masyarakat yang ingin menggelar nobar tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Pertunjukan kembang api dan balon warnai pembukaan Euro 2020

Senator asal Jawa Timur itu menjelaskan, penerapan protokol kesehatan tidak bisa diabaikan.

"Apalagi sejumlah daerah sedang terjadi kenaikan kasus penyebaran Covid-19, seperti di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Oleh karena itu, jangan sampai hiburan yang kita dapat ini justru menjadi petaka dengan penularan Covid-19," katanya.

Euro 2020 diikuti 24 negara Eropa yang terbagi dalam 6 grup. Dengan Portugal sebagai juara bertahannya.

Penyelenggaraan Euro 2020 sangat spesial karena akan dihelat di 11 kota di 11 negara.

Baca juga: Mengenal 11 kota dan stadion tuan rumah Piala Eropa 2020

Ke-11 tuan rumah Euro 2020 adalah London (Inggris), Baku (Azerbaijan), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Saint Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Kopenhagen (Denmark), Glasgow (Skotlandia), dan Sevilla (Spanyol).

Partai final rencananya digelar di Stadion Wembley, Inggris, pada 12 Juli 2021.

Baca juga: Perjalanan berliku UEFA mewujudkan Euro 2020
Baca juga: Mola TV siarkan 51 pertandingan Euro 2020
Baca juga: Piala Eropa 2020, turnamen yang tertunda karena pandemi

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021