Kami berharap jalinan kerja sama ini hasilnya akan bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya yang berkaitan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat
Surabaya (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur bekerja sama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) membuat roadmap untuk memasifkan program penggunaan kendaraan listrik melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Adi Priyanto dalam siaran persnya di Surabaya, Sabtu, mengatakan, jalinan kerja sama itu secara umum bertujuan meningkatkan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, untuk menunjang proses pembangunan nasional yang berkelanjutan khususnya dalam bidang ketenagalistrikan.

"Kami berharap jalinan kerja sama ini hasilnya akan bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya yang berkaitan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," katanya.

Menurut dia, Polinema sebagai satu-satunya vokasi di Malang diharapkan mampu mendukung program PLN seperti peningkatan penggunaan Pembangkit dari Energi Baru Terbarukan (EBT) di Jawa Timur sesuai dengan transformasi PLN yaitu Green, dan membuat roadmap untuk memasifkan program pemerintah penggunaan kendaraan listrik.

Pembantu Direktur IV Politeknik Negeri Malang, Lucis Rubianto mengapresiasi positif, sinergi ini untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat di bidang penelitian.

"Kami sedang mengadakan riset energi terbarukan di Pulau Madura agar tidak menggunakan energi fosil serta kami mendukung pengembangan pendidikan karyawan PLN di institusi kami dengan adanya payung MOU ini, " kata Lucis.

Sementara itu, ruang lingkup dari Nota kesepahaman ini meliputi kegiatan knowledge sharing dalam bidang ketenagalistrikan, konsultasi kajian teknik atau saksi ahli dalam bidang ketenagalistrikan, narasumber untuk kegiatan sosialisasi kesehatan dan keselamatan kerja atau keselamatan ketenagalistrikan, studi dan atau pengujian tentang peralatan primer, konstruksi sipil, manajemen konstruksi, dan hal-hal lain yang terkait pembangunan ketenagalistrikan & pendukung lainnya.

Sebelumnya, untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Jatim, PLN UID Jatim juga telah mendirikan beberapa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), seperti di Kantor PLN Embong Wungu, Jalan Dr Soetomo 42, Surabaya, kemudian di halaman kantor PLN UP3 Ponorogo, Jalan Arif Rahman Hakim.

Baca juga: Bahlil ungkap pentingnya dorong hilirisasi industri

Baca juga: Luhut: Potensi nikel melimpah Indonesia punya posisi tawar kuat

Baca juga: Menhub: Pemerintah berkomitmen turunkan emisi gas rumah kaca

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021