Tangerang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Poresta) Tangerang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Banten menggelar donor darah secara massal dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-75 Bhayangkara yang dipusatkan di Rupatama Polresta Tangerang, Selasa.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro menerangkan, kegiatan donor darah tersebut diikuti dengan seluruh jajaran Polresta Tangerang, mulai dari polsek-polsek hingga anggota Bhayangkari.

"Kegiatan sosial kemanusiaan ini merupakan agenda dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-75," ujar Kapolres.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan sosial itu dilaksanakan melalui proses asesmen medis yang ketat.

Menurutnya, tidak semua anggota dapat melaksanakan donor darah sebab bergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan dari masing-masing anggota.

"Tentu sebelum donor darah, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dengan ketat. Apalagi seperti kondisi saat pandemi ini," tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan juga penerapan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan terkait pencegahan penularan COVID-19.

"Pada pelaksanaan donor darah, yang pasti penerapan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat," katanya.

Selain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, lanjut dia, bahwa kegiatan sosial dengan donor darah itu juga bertujuan untuk menanamkan kepada anggota Polresta Tangerang untuk dapat memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah. Pasalnya, darah merupakan bagian penting dari manusia.

"Saya berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kabupaten Tangerang. Dengan demikian, diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Wahyu menyebut, hasil dari kegiatan itu adalah donor darah golongan A, golongan B, golongan AB, dan golongan O," kata Wahyu.

Baca juga: Satgas TNI gelar donor darah di perbatasan
Baca juga: Jakpro gelar donor darah bersama karyawan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021