Gorontalo (ANTARA) - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Rabu, mengatakan pengembangan Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara dapat menjadi solusi dalam pengentasan kemiskinan di daerah itu.

"Kami mendukung upaya pengembangan Kabupaten Gorontalo Utara yang termasuk daerah terpencil, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3TP) ini untuk mengentaskan kemiskinan," kata Menhub saat meninjau Pelabuhan Anggrek di Provinsu Gorontalo, Rabu.

Dengan pengembangan Pelabuhan Anggrek, diharapkan dapat mengembangkan produktivitas dan menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Pada tahun ini Kemenhub telah menyelesaikan proses lelang dan telah mendapatkan pemenang lelang proyek 18 Juni 2021 yakni Konsorsium Anggrek Gorontalo International Terminal (AGIT).

Konsorsium itu terdiri dari empat perusahaan yaitu PT. Gotrans Logistics International, PT. Anugerah Jelajah Indonesia Logistic, PT. Titian Labuan Anugrah, dan PT. Hutama Karya (Persero).

Baca juga: Menhub usulkan penataan Pelabuhan Gorontalo kepada Presiden

Baca juga: Gorontalo dukung skema KPBU untuk pengembangan Pelabuhan Anggrek

Tahap selanjutnya akan dilakukan penandatanganan perjanjian KPBU dan KSPI yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2021.

Pada 28 September 2021 diharapkan sudah mulai efektif dikelola oleh perusahaan pemenang lelang.

Pembangunan Pelabuhan Anggrek akan dilakukan dua tahap dengan nilai investasi sekitar Rp1,4 Triliun.

Tahap pertama akan dimulai pada tahun 2021 hingga 2023 dengan membangun dermaga, lapangan peti kemas, container, kargo dan fasilitas pendukung lainnya sehingga pelabuhan ini akan memiliki kapasitas peti kemas 47.500 TEUs, Reefer container 9.200 TEUs, Kargo 622.600 Ton, dan Curah 250.400 Ton.

Ia menilai pengembangan Pelabuhan Anggrek mendesak dilakukan karena kapasitas operasional dermaga saat ini sudah melampaui standar kinerja pelabuhan, dimana ukuran kapal yang bersandar (peti kemas dan kargo) lebih besar dari kapasitas dermaga yang ada sehingga kurang optimal.

Pelabuhan Anggrek diharapkan dapat mendukung konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus Gopandang di Gorontalo, yang berfungsi sebagai penunjang kegiatan industri dan perdagangan serta simpul distribusi, produksi, dan konsolidasi.

Adapun komoditas utama di Gorontalo adalah jagung dan ikan tangkap.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Direktur Kepelabuhanan Subagiyo, dan Kepala UPP Kelas II Anggrek Mohd. Arief Agustian.*

Baca juga: SAR temukan warga tenggelam di dermaga Pelabuhan Anggrek sudah meninggal

Baca juga: Gubernur Gorontalo pastikan peningkatan dermaga Pelabuhan Anggrek
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (kiri) saat meninjau Pelabuhan Anggrek di Provinsi Gorontalo, Rabu. (ANTARA/Debby mano)

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021