Laba bersih kita relatif terjaga baik di atas target yang kita setting untuk periode yang sama tahun ini
Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI tahun ini mencatatkan laba bersih hingga Mei 2021 mencapai Rp754 miliar dengan total pendapatan senilai Rp2,13 triliun dan total aset mencapai Rp115 triliun.

"Laba bersih kita relatif terjaga baik di atas target yang kita setting untuk periode yang sama tahun ini, di angka RP750 miliaran dan mudah-mudahan masih terus
bertumbuh karena pertumbuhan biasa terjadi di kuartal tiga," ujar Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI Darwin Trisna Djajawinata dalam Media Meet Up secara daring, Selasa.

Darwin mengatakan peningkatan kinerja didorong oleh penerbitan global bond pertama PT SMI yang peminatnya meningkat lima kali lipat.

"Di 2021 di awal April kita berhasil menerbitkan global bond yang pertama sampai 300 juta dolar AS dan saat penawaran awal itu oversubscribe sampai lima kali," ujar Darwin.

Peningkatan kinerja, lanjut Darwin, juga didukung oleh pemerintah yang melanjutkan program pinjaman ke daerah melalui skema dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). PT SMI menerima dana dari APBN sebesar Rp 10 triliun yang akan diteruskan kepada pemerintah daerah dalam bentuk pinjaman.

"Nanti akan kita leverage untuk memberikan komitmen tambahan sehingga kita bisa memberikan pinjaman ke pemerintah daerah di angka Rp20 triliun untuk 2021," kata Darwin.

Selain itu hingga Mei 2021, PT SMI mencatatkan komitmen sebesar Rp111,69 triliun dengan rincian, pembiayaan investasi badan usaha sebesar Rp79,77 triliun, pembiayaan pemerintah daerah Rp21,96 triliun, investasi/penyertaan modal Rp3 triliun dan penerusan pinjaman sebesar Rp6,96 triliun. Kemudian total nilai proyek yang dibiayai secara kumulatif mencapai Rp704 triliun.

Dari pilar jasa konstruksi, PT SMI mencatat total nilai proyek yang difasilitasi mencapai Rp650,1 triliun dengan total 63 proyek. Kemudian dari sisi
jasa pengembangan proyek, PT SMI telah memfasilitasi sebanyak Rp97,18 triliun yang terdiri dari 47 proyek.

Adapun pada akhir 2020 lalu, PT SMI membukukan laba bersih Rp1,9 triliun, melebihi target awal sebesar Rp1,7 triliun. Sedangkan total aset PT SMI hingga 2020 berjumlah Rp100,7 triliun, tumbuh 32 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Kemenkeu minta SMI kolaborasi dengan swasta tangani infrastruktur
Baca juga: Ini 3 rekomendasi SMI agar pelaksanaan otda optimal pulihkan ekonomi
Baca juga: PT SMI perkirakan investasi sektor kesehatan pada 2021 tetap potensial

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021