Gugus Tugas NTT kirim sample swab deteksi varian Delta

Gugus Tugas NTT kirim sample swab deteksi varian Delta

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu. ANTARA/Benny Jahang/am.

Kupang (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur telah mengirim sampel swab milik sejumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang diduga mengarah pada varian baru Delta.

"Pemerintah Provinsi NTT memang telah mengirim sejumlah sampel swab untuk diperiksa lebih mendalam di Jakarta dan Surabaya karena dicurigai sebagai varian baru Delta," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu di Kupang, Minggu.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan terhadap sejumlah sampel swab itu belum diterima sehingga belum dapat dipastikan adanya varian baru Delta dengan terus meningkatnya kasus COVID-19 di NTT.

"Hal itu baru bisa diketahui dari hasil pemeriksaan swab pasien," kata Marius.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten/kota yang memiliki pasien COVID-19 dengan dugaan terpapar varian baru Delta untuk melakukan pengawasan ketat terhadap pasien itu agar tidak melakukan kontak erat dengan orang lain.

"Bila perlu pasien diisolasi dalam satu ruangan khusus sehingga tidak berpotensi adanya penularan virus kepada orang lain," tegas Marius.

Baca juga: Positif COVID-19 di NTT naik 21.485 kasus setelah bertambah 397 orang
Baca juga: Pakar sebut PPKM tertentu perlu diatur secara permanen


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati mengatakan sejumlah sampel swab yang dicurigai adanya varian baru Delta sudah dikirim ke Jakarta untuk diperiksa.

"Kami masih menunggu apakah sejumlah sampel swab yang dikirim itu ada paparan virus Delta atau tidak. Kami masih menunggu hasilnya," kata Retnowati.

Ia berharap warga Kota Kupang untuk tetap mentaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19 karena jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Kupang terus meningkat hingga menembus 7.733 orang.

Baca juga: GTPP: Pasien COVID-19 di Kota Kupang bertambah 61 orang
Baca juga: Flores Timur wajibkan pelaku perjalanan tes COVID-19 mulai 1 Juli
Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021