Kami memberi beberapa pengalaman dan materi kepada peserta
Citeureup, Bogor (ANTARA) - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk mengedukasi puluhan masyarakat di sekitar Pabrik Indocement Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

"Indocement memiliki banyak karyawan yang kompeten dalam bidang lingkungan dan penghematan energi. Mereka secara sukarela berbagi pengetahuan dengan masyarakat di desa mitra, agar lebih menyadari pentingnya peduli terhadap lingkungan," ujar CSR Division Manager Indocement Gadang Wardono, di Bogor, Senin.

Menurutnya, kegiatan "3Roda Edu-Green Park serta Webinar Desa Tangguh dan Sadar Lingkungan 2021" ini merupakan terobosan yang dilakukan Indocement, khususnya di Unit Pabrik Citeureup.

Gadang menyebutkan, pelatihan dilakukan secara daring pada 23 Juni 2021 yang diikuti 30 orang warga RW04 Kelurahan Puspanegara, Kecamatan Citeureup. Mereka juga tercatat sebagai anggota kelompok Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Puspakarya.

“Kami memberi beberapa pengalaman dan materi kepada peserta. Salah satunya pengenalan 3Roda Edu-Green Park hingga pengenalan dasar-dasar pembuatan lubang resapan biopori, sehingga peserta dapat membuat lubang biopori dengan benar di lingkungannya,” kata Gadang.

Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan pembangkit listrik tenaga surya dan mengidentifikasi limbah B3 dan non-B3.

“Pelatihan berlangsung secara interaktif dua arah. Peserta mengikuti acara tersebut dengan antusiasme yang tinggi dan membahas solusi atas permasalahan yang mereka hadapi di lingkungan tinggal terkait materi yang diberikan,” katanya pula.

Ia menyebutkan, Indocement juga melakukan kegiatan volunteering yang serupa dengan memberikan pelatihan offline mengenai penghematan energi dengan menggunakan lampu LED untuk 20 orang warga Desa Gunung Sari tahun lalu.

“Ke depannya, Indocement berharap kegiatan volunteering karyawan ini akan dapat terus dilaksanakan, agar karyawan Indocement dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat, khususnya di desa mitra,” katanya pula.
Baca juga: Indocement sosialisasi hemat energi di kampung ramah lingkungan Bogor
Baca juga: Indocement komitmen lestarikan lingkungan dengan menanam ratusan pohon

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021