Nurul Ghufron nyatakan kondisinya makin baik pascapositif COVID-19

Nurul Ghufron nyatakan kondisinya makin baik pascapositif COVID-19

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengatakan kondisinya makin membaik setelah terkonfirmasi positif COVID-19.

"Saya belum tes PCR (polymerase chain reaction) kembali karena jadwalnya masih besok. Namun, dalam perasaan saya sudah sehat, setidaknya indikator COVID-19 sudah tidak ada lagi pada diri saya. Panas, sesak, indra rasa, dan bau semua sudah pulih," kata Ghufron dalam keterangannya, Selasa.

Selama terbaring sakit, dia juga mempelajari tentang COVID-19 seperti masa inkubasi virus tersebut di dalam tubuh.

"Kedua selama saya sakit, saya juga jadi mempelajari tentang COVID-19 ini bahwa masa inkubasinya sebenarnya dalam tubuh 5—7 hari. Setelah melewati masa tersebut hanya soal waktu, ada yang cepat dan ada yang lama recovery sel tubuh yang rusak akibat COVID-19 tersebut antara 10 hari sampai 3 bulan tetapi sudah tidak menularkan," ucapnya.

Melalui informasi yang diberikannya tersebut, Ghufron mengharapkan dapat menumbuhkan semangat kepada masyarakat yang juga sedang berjuang sembuh dari COVID-19.

"Mohon maaf saya merasa perlu mendahului mengabarkan perasaan baik ini untuk menumbuhkan semangat sembuh bagi teman-teman yang sedang berjuang untuk sehat," katanya.

Pada hari Senin (28/6), Ghufron menginformasikan tengah menjalani isolasi mandiri setelah terkonfirmasi positif COVID-19.

"Iya, hasil tes PCR, saya positif COVID-19. Mohon doanya semoga segera pulih kembali. Menurut dokter, kondisi paru-paru saya sedang ringan. Untuk keamanan, lebih baik isoman (isolasi mandiri) di rumah," kata Ghufron saat itu.

Berdasarkan data per 30 Juni 2021, tercatat total 113 pegawai dan pihak terkait lainnya di lingkungan KPK yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron positif COVID-19

Baca juga: 113 pegawai terpapar COVID-19, KPK perketat potensi penularan
Pewarta : Benardy Ferdiansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021