Solo (ANTARA) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka kelas internasional pada tahun akademik 2021/2022 untuk menjawab tantangan global.

"Ini merupakan respons atas berkembangnya tantangan global serta bagian dari komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pembelajaran untuk mendukung UNS dalam pencapaian World Class University," kata Ketua Program Studi Akuntansi FEB UNS Agung Nur Probohudono di Solo, Selasa.

Baca juga: UNS tutup kampus sepekan setelah tiga dosen meninggal akibat COVID-19

Baca juga: 2.727 pendaftar lolos SBMPTN UNS


Ia mengatakan program studi yang telah siap membuka kelas internasional di FEB UNS adalah program studi (Prodi) S1 Akuntansi dan Prodi S1 Ekonomi Pembangunan. Untuk masing-masing prodi akan menerima 25 mahasiswa.

Ia mengatakan program kelas internasional tersebut merupakan program tingkat sarjana yang berkolaborasi dengan Curtin University.

"Keunggulan dari kelas internasional ini adalah, selain fasilitas penunjang pembelajaran dan pengajaran di kelas internasional yang lebih lengkap dan representatif, mahasiswa juga berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar, summer course, program  double degree, visisting profesor dan even internasional lain," katanya.

Selain itu, katanya, mahasiswa akan memperoleh pengalaman pendidikan di luar negeri serta mendapatkan pengakuan internasional.

Sementara itu, Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UNS, Bhimo Rizky Samudro mengatakan keunggulan dari program kelas internasional ini adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kepribadian kuat, kreatif, dan berkemampuan nalar tinggi.

"Selain itu, juga memiliki kemampuan dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Mahasiswa kelas internasional bisa belajar di UNS melalui skema swadana dan beasiswa yang diselenggarakan oleh UNS dan berbagai yayasan pemberi beasiswa," katanya.

Baca juga: Dosen UNS ciptakan alat penghancur limbah domestik

Ia mengatakan program kelas internasional bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin memperoleh pengalaman belajar secara internasional. "Nanti materi perkuliahan akan disampaikan dalam Bahasa Inggris," katanya.

Bhimo mengemukakan beberapa syarat untuk bisa mendaftar kelas internasional tersebut, di antaranya pernah mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021 yang diselenggarakan LTMPT Tahun 2021, mahir Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan Nilai TOEFL/IELTS, dan mengikuti tes wawancara.

"Untuk pendaftaran seleksi mandiri program sarjana kelas internasional dibuka dari 15 Juni-10 Juli 2021 secara daring," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021