Pembukaan jadwal baru ini telah dimulai sejak 9 Juli 2021 setiap hari Jumat dan Minggu.
Banda Aceh (ANTARA) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka penerbangan baru dari Bandara Internasional Blang Bintang Aceh Besar-Bandara Internasional Kualanamu (Medan), Sumatera Utara, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pembukaan jadwal baru ini telah dimulai sejak 9 Juli 2021 setiap hari Jumat dan Minggu,” kata General Manager PT Garuda Indonesia Provinsi Aceh, Rizky Arief Kautsar di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan jadwal berangkat dari Medan—Banda Aceh pukul 14.05 WIB – tiba pukul 15.10 WIB dan Banda Aceh—Medan berangkat pukul 16.10 WIB tiba pukul 17.15 WIB.

Baca juga: Garuda batalkan penerbangan ke Gorontalo hingga 20 Juli

Ia mengatakan selama penerapan PPKM mikro pihaknya hanya melayani satu kali penerbangan setiap hari yakni pada Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu dengan tujuan Jakarta-Banda Aceh-Jakarta

Jadwal keberangkatan yakni dari Jakarta pukul 11.55 dan tiba di Banda Aceh pukul 14.55 WIB dan dari Banda Aceh pukul 15.55 WIB dan tiba di Jakarta pukul 18.55 WIB.

“Artinya, khusus Jumat dan Minggu penerbangan Banda Aceh-Medan dan selebihnya tujuan Banda Aceh-Jakarta,” katanya.

Baca juga: Garuda sesuaikan layanan operasional penerbangan selama PPKM darurat

Ia mengatakan dalam memberikan kenyamanan dan mencegah penyebaran COVID-19, pihaknya konsisten menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan koordinasi dengan pemangku kepentingan, KKP maupun bandara agar penumpang memenuhi persyaratan perjalanan.

“Demi kenyamanan penumpang,  pesawat dilengkapi dengan HEPA filter, serta update kondisi terkini dan anjuran-anjuran dari pemerintah terkait pencegahan COVID-19,” katanya.

Ia mengatakan untuk penumpang yang akan terbang bersama Garuda Indonesia, pihaknya mengacu pada surat edaran gugus tugas COVID-19 yakni untuk perjalanan ke daerah yg menerapkan PPKM wajib menyiapkan surat keterangan vaksin minimal vaksin pertama dan surat keterangan PCR dengan hasil negatif maksimal 2x24 jam.

“Saat ini di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar juga sudah ada sentra vaksin dengan jam operasional pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021