Jakarta (ANTARA) -
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta kader partai terus turun ke bawah menggelorakan semangat gotong-royong, membangun harapan rakyat yang saat ini sedang menghadapi COVID-19.
 
PDIP juga mengajak pengurus dan kader partainya di seluruh Indonesia untuk terlibat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan gizi demi memperkuat imunitas tubuh di tengah meningkatnya penularan COVID-19, kata saat membuka webinar festival ajang karya video pendek mengenai tokoh desa/kelurahan yang akan memperebutkan Piala Megawati Kawal Pancasila dari Desa, di Jakarta, Sabtu.
​​​​​​​
"Mari terus gelorakan kehadiran wajah partai di tengah rakyat khususnya di masa pandemi. Sehingga seluruh kader terus bergerak bersama rakyat," kata Hasto dalam siaran persnya.
 
Pandemi COVID-19 memang tak mudah dihadapi, namun yang terpenting menggelorakan harapan.
 
Pada titik itulah pentingnya menggelorakan terus pengetahuan tentang gizi kepada masyarakat karena gizi dan kebersihan merupakan salah satu unsur penting pembentukan imunitas atau ketahanan tubuh menghadapi paparan virus.
Hasto lalu menunjukkan buku Mustika Rasa, buku berisi resep makanan khas Indonesia yang satu-satunya dibuat di era Presiden RI Soekarno. Hasto mengajak kader PDIP seluruh Indonesia meningkatkan pengetahuan gizi masyarakat lewat isi buku itu.
 
Sebab di dalam buku itu, selain berisi resep, ada juga pedoman mengenai kandungan tiap tanaman lokal yang merupakan bagian dari kuliner nusantara.
 
Sebagai contoh, masyarakat perlu diberi tahu bahwa selain vitamin A dan C dalam bentuk tablet, ternyata vitamin itu banyak dikandung oleh mangga jenis gedong dan golek. Vitamin A dan C juga banyak terkandung di Kembang Turi, Kemangi, hingga Ketimun. Semuanya bisa ditanam sendiri oleh masyarakat.
 
"Mari gelorakan kembali khasanah nusantara terkait makanan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan dapat meningkatkan imunitas tubuh kita," tegas Hasto.
 
PDIP pun menyadari banyak masyarakat yang kini menjalani isolasi mandiri dan kesulitan terkait kebutuhan pokok.
 
"PDIP sedang mempertimbangkan dapur umum yang didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP bersama pengurus DPD/DPC," ucap Hasto Kristiyanto.
 
Sementara itu, Hasto juga menyatakan PDIP terus mendukung dan mengapresiasi keseriusan Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam menanggulangi pandemi COVID-19 yang semakin meningkat.
 
"PDI Perjuangan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf Amin yang di dalam situasi yang tidak mudah ini, terus membangkitkan harapan rakyat," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto,

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021