Fisipol UMPR laksanakan program rekognisi pembelajaran lampau

Fisipol UMPR laksanakan program rekognisi pembelajaran lampau

Dekan Fisipol UMPR Dr.(Kand) Irwani,S.Sos,MAP. ANTARA/Rendhik Andika/Humas Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) -
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Fisipol UMPR) mulai tahun akademik 2021 melaksanakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai proses pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang sudah bergelut dengan dunia kerja.

"Program ini salah satunya diperuntukkan bagi orang yang berpengalaman kerja tetapi secara teoritis dan kualifikasi pendidikan belum diakui secara gelar," kata Dekan Fisipol UMPR Kandidat Doktor Irwani, S.Sos,M.AP saat ditemui di gedung Fisipol lt.3 kampus-1 UMPR di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan program rekognisi pembelajaran lampau di fakultasnya dilaksanakan di dua program studi yakni Prodi Ilmu Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Komunikasi.

Menurut Irwani program tersebut sangat membantu dan menjadi angin segar bagi masyarakat telah bekerja, baik yang sudah pernah kuliah maupun lulusan SMA untuk mengikuti pendidikan dan mendapat pengakuan secara akademik.

"Melalui RPL yang merupakan program hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. UMPR menjadi bagian dari 500 universitas di Indonesia yang mendapatkan hibah tersebut," katanya.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipol UMPR Kandidat Doktor H.Junaidi, M.IKom menerangkan program RPL tersebut menyasar pada lulusan SMA sederajat atau diploma yang memiliki pengalaman kerja atau sedang bekerja.
Baca juga: Fisipol UMP terapkan pola perkuliahan riset kolaboratif
Baca juga: Fisipol UMP masuk konsorsium "Muhammadiyah Online University"


Di Fisipol UMPR sendiri pengalaman yang disyaratkan bagi para peserta minimal telah bekerja selama lima tahun.

"Setidaknya kuota program RPL di Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UMPR ada 30 orang. Saat ini ada 12 yang telah mendaftarkan diri," kata Junaidi.

Sementara itu Kaprodi Ilmu Administrasi Negara Mita Sari,S.Sos,M.AP menambahkan dari 30 kuota yang tersedia di program studinya sudah ada 28 peserta yang mendaftar.

Nantinya para peserta sebelum dinyatakan lolos akan mengikuti serangkaian tahapan seperti asesmen dan rekognisi untuk menentukan kelayakan dan kompetensi.

Diantara keunggulan RPL tersebut yakni merupakan program resmi Kemendikbud Ristek, mendapat bantuan SPP pada semester pertama senilai Rp2.400.000, waktu kuliah juga dilakukan fleksibel atau diluar jam kerja.

Selain itu juga tersedia kelas daring dan bagi pekerja atau yang memiliki pengalaman kerja dari berbagai bidang, pernah mengikuti pendidikan formal dan non formal diakui sebagai Satuan Kredit Semester (SKS) dan kuliah berkisar empat sampai enam semester menyesuaikan pengalaman masa kerja.

Menurut Kandidat Doktor Irwani, Fisipol UMPR terus memperluas kesempatan masyarakat di Kalteng untuk bisa mengakses pendidikan tinggi  dengan kualitas setara kampus maju di Indonesia.

Saat ini sedang dipersiapkan pembuka sejumlah program studi baru di lingkup Fisipol baik menambah Prodi S1,  membuka sejumlah program S2, dan juga merintis pembukaan Program Doktoral yaitu S3  Ilmu Administrasi.
Baca juga: Fisipol UM Palangkaraya perluas kuliah lapangan luar negeri
Baca juga: Kuliah lapangan Fisipol UMP analisis pascabencana karhutla-kabut asap

 
Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021