Sasaran vaksinasi adalah warga umum dan penumpang bandara berusia minimal 12 tahun ke atas.
Jakarta (ANTARA) - Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III menyasar penumpang Bandara Frans Kaisiepo untuk divaksin COVID-19 guna mempercepat program vaksinasi nasional di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Asops Kaskoopsau III selaku Ketua Gugus Tugas COVID-19 Koopsau III Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan total keseluruhan warga yang sudah divaksin melalui program vaksiansi massal TNI oleh Koopsau III sebanyak 12.000 orang.

"Vaksinasi ini dalam rangka percepatan penanganan wabah COVID-19 dan program vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Maka, Satuan Tugas COVID-19 Koopsau III terus gencar melakukan vaksinasi di berbagai tempat di wilayah Biak Numfor," kata Henrico.

Ia menyebutkan program Serbuan Vaksinasi kali ini dengan sasaran masyarakat umum dan penumpang pesawat di Vaccine Center Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Kegiatan vaksinasi ini berkolaborasi dengan tenaga kesehatan Makoopsau III dan RSAU Lanud Manuhua. Total ada dua vaksinator dan 12 tenaga kesehatan yang dilibatkan.

"Sasaran vaksinasi adalah warga umum dan penumpang bandara berusia minimal 12 tahun ke atas," katanya.

Menurut Henrico, animo masyarakat untuk divaksin cukup tinggi, terlihat dari pagi masyarakat sudah mendatangi ruang Vaccine Center bandara.

"Hari ini ada 58 yang menerima vaksin COVID-19 gratis," katanya.

Satgas COVID-19 Koopsau III, kata Henrico, sesuai dengan perintah komando atas akan terus-menerus melaksanakan program Serbuan Vaksinasi kepada masyarakat di semua wilayah satuan jajaran Koopsau III.

Terdapat tujuh satuan jajaran Koopsau III ditambah Makoopsau III melaksanakan program Serbuan Vaksinasi di wilayah meliputi Biak, Jayapura, Merauke, Timika, Ambon, Morotai, dan Tual.

"Pelaksanaan vaksinasi ada yang bersifat mandiri dan ada yang gabungan dengan matra lain dan instansi terkait," katanya.

Baca juga: Panglima TNI : Terima kasih masyarakat yang sudah perangi COVID-19

Baca juga: Bamsoet apresiasi program "Serbuan Vaksinasi" BAIS TNI

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021