Jakarta (ANTARA) - Jepang mengawali perburuan medali emas bisbol Olimpiade pertama mereka dengan membekuk Republik Dominika 4-3 dalam laga pembukaan kompetisi bisbol Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Bisbol Fukushima Azuma, Rabu.

Berstatus peringkat pertama dunia dalam ranking konfederasi bisbol sofbol dunia, WSBC, Jepang mendapat perlawanan sengit dari Dominika di laga pembuka Grup A dan kedua tim melewatkan enam inning pertama berkedudukan nirpoin, demikian

Dominika bahkan mampu memimpin saat giliran menyerang di inning ketujuh, setelah Charlie Valerie mampu memukul lemparan pitcher pengganti Jepang Koyo Aoyagi.

Pukulan keras Valerie yang menempatkan bola ke sisi kiri lapangan memberi kesempatan Erick Meija dan Francisco Juan kembali ke plat home demi Dominika memimpin 2-0.

Saat giliran Jepang balas menyerang di inning ketujuh, mereka hanya mampu memperkecil ketertinggalan lewat Hideto Asamura yang mencapai plat home setelah pukulan rendah Munetaka Murakami di dekat base pertama.

Baca juga: Sofbol jadi pertandingan pertama Olimpade Tokyo

Dominika memberi tekanan lebih kepada tuan rumah saat Meija untuk kedua kalinya di pertandingan kali ini menjejaki plat home pada inning kesembilan menyusul pukulan dobel Gustavo Nunez dan memperbesar keunggulan 3-1.

Tapi mentalitas Jepang mampu menciptakan kemenangan spektakuler lewat raihan tiga poin saat giliran mereka menyerang di inning kesembilan.

Semua pemukul Jepang yang bertugas di inning kesembilan mampu memukul lemparan pitcher pengganti Dominika, Jairo Asencio, kendati Asamura yang dapat giliran pertama harus out setelah mendapati bola pukulannya ditangkap di area kanan lapangan.

Giliran berikutnya, center fielder Yuki Yanagita, Kensuke Kondoh dan Murakami Munetaka sama-sama bergantian memukul lemparan Asencio. Ketika Munetaka memukul bola ke area kanan, Yanagita pulang ke plat home untuk memperkecil ketertinggalan Jepang 2-3.

Lantas Genda Sosuke masuk sebagai pinch runner menggantikan Konsuke. Hal itu disusul sebuah pukulan sacrifice bunt dari Kai Takuya, yang cukup untuk memberi kesempatan Sosuke berlari mencuri poin dan membuat Jepang menyamakan kedudukan 3-3.
 
Atlet tim Jepang Hayato Sakamoto (kanan) berupaya menghalangi Jeison Guzman (Republik Dominika) dalam pertandingan pembuka grup A bisbol putra Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima Azuma Baseball Stadium, Fukushima, Jepang, 28€“ Juli 2021 (ANTARA/REUTERS/JORGE SILVA)


Dalam situasi terdesak, Dominika melakukan pergantian pitcher lagi mengirim Jhan Marinez menggantikan Asencio.

Namun lemparan Marinez dipukul oleh Hayato Sakamoto ke area tengah lapangan, membuka kesempatan bagi Munetaka menjejaki plat home dan mengunci kemenangan Jepang.

Bisbol Olimpiade Tokyo diikuti enam negara dengan Meksiko juga berada di Grup A, sedangkan Grup B berisikan Amerika Serikat, Israel serta peraih emas terakhir Korea Selatan kala cabor itu dipertandingkan di Olimpiade Beijing 2008.

Jepang punya beban status unggulan mengingat mereka menempati peringkat satu WSBC dalam empat tahun terakhir, tapi di Olimpiade raihan terbaik mereka hanyalah medali perak pada 1996 di Atlanta.

Baca juga: Sofbol Jepang taklukkan Australia dalam pertandingan perdana Olimpiade
Baca juga: Jepang pertahankan emas sofbol putri Olimpiade usai tundukkan Amerika
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021