Bandung (ANTARA) - Tanoto Foundation bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) mendonasikan 40.000 paket beras untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi COVID-19 di Jawa Barat.

CEO Global Tanoto Foundation, J Satrijo Tanudjojo mengatakan donasi beras ini merupakan bagian dari aksi siap tanggap dari Tanoto Foundation. Karena, pandemi ini memiliki dampak yang menyeluruh dan tidak terbatas pada sektor kesehatan saja.

“Sejak awal pandemi, kami terus berusaha untuk mencari tahu kebutuhan masyarakat dan pemerintah, dan kami merespons dengan cepat agar donasi yang kami berikan bisa segera bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan," kata Satrijo dalam keterangan resminya di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Tanoto Foundation salurkan dana filantropi Rp157 miliar di 2020

Donasi beras ini diserahkan secara simbolis oleh perwakilan dari Tanoto Foundation, Direktur External Affairs Ari Gudadi kepada perwakilan Kepolisian Daerah Jawa Barat Kombes Pol M Syahduddi, dan Panglima Komando Daerah Militer III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Menurutnya, secara total Tanoto menyiapkan 300 ton beras untuk didonasikan kepada masyarakat yang dibagi menjadi 60.000 paket dan masing-masing paket berisi 5 kilogram beras.

Dia menjelaskan 60.000 paket beras tersebut akan didistribusikan ke Jawa Barat dan Jawa Timur dengan pembagian 40.000 paket ke Jawa Barat dan 20.000 paket ke Jawa Timur.

"Dengan kemitraan kami bersama Kantor Sekretariat Presiden, Tanoto Foundation mendonasikan sebanyak 300 ton beras untuk warga di Jawa Barat dan Jawa Timur. Kami harap donasi beras ini bisa meringankan beban mereka yang mata pencahariannya terganggu karena terdampak pandemi," kata dia.

Sebagai organisasi filantropi independen yang didirikan pada tahun 1981 oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, ia menjelaskan Tanoto Foundation telah aktif memberikan berbagai bantuan kepada pemerintah Indonesia selama pandemi.

Baca juga: Tanoto Foundation dan Temasek Foundation donasi bersama penanganan COVID-19

Baca juga: Kemensos dan Tanoto Foundation kerja sama cegah stunting


Selama bulan Juli, katanya, Tanoto Foundation sudah meluncurkan program Oksigen Untuk Indonesia yang dimulai dengan donasi oksigen sebanyak 500 ton yang diproduksi oleh PT Riau Andalan Pulp & Paper, unit bisnis dari mitra perusahaan APRIL Group.

"Tanoto Foundation juga telah mendonasikan 1.000 unit dari total 3.000 unit oxygen concentrator untuk memenuhi kebutuhan pasien COVID-19 di Indonesia," katanya.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021