Vaksin itu kami bagi secara proporsional. Kawan-kawan yang dari TNI/Polri membantu untuk percepatan vaksin. Maka prioritas kami lansia itu nomor satu
Solo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali mendistribusikan sebanyak 600.000 dosis vaksin atau sekitar 60.000 vial vaksin COVID-19 ke kabupaten/kota yang ada di daerah tersebut.

"Bagus ya dikirim terus, tetapi dari target yang dipercepat ini masih kurang. Setiap minggu kami dikirim terus, hari ini semua (daerah) vaksinnya banyak," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Solo, Rabu.

Untuk pemberian vaksinasi sendiri, dikatakannya, hingga saat ini masih diprioritaskan untuk kelompok lanjut usia.

Baca juga: Bio Farma terus distribusikan vaksin menuju 34 provinsi

Terkait percepatan pemberian vaksin tersebut, pihaknya meminta dukungan dari berbagai pihak termasuk TNI/Polri.

"Vaksin itu kami bagi secara proporsional. Kawan-kawan yang dari TNI/Polri membantu untuk percepatan vaksin. Maka prioritas kami lansia itu nomor satu," katanya.

Disinggung mengenai pemberian vaksin ketiga oleh tenaga kesehatan, dikatakannya, saat ini sudah mulai diberikan kepada tenaga kesehatan di RSUP dr Kariadi, Semarang.

Baca juga: Anggota DPR minta pemerintah segera distribusikan vaksin ke daerah

"Kariadi sudah mulai, mudah-mudahan semua segera mulai juga. Solo tinggal ambil," katanya.

Terkait hal itu, ia meminta fasilitas layanan kesehatan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memastikan kualitas dari vaksin Moderna untuk vaksin ketiga tenaga kesehatan ini tetap terjaga.

"Kami minta persiapan rantai dinginnya, jangan sampai kualitas menurun," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021