Jakarta (ANTARA) - Ronald Koeman menegaskan bahwa Barcelona tetap bersemangat menyongsong musim baru kompetisi 2021/22, walau kali ini tanpa Lionel Messi.

Pada Minggu (8/8) Messi mengucapkan salam perpisahan kepada klub Katalunya yang sudah dibelanya selama 21 tahun tersebut, setelah Barcelona tidak bisa memberi kontrak baru kepada La Pulga tanpa melanggar aturan finansial La Liga.

Rumor yang beredar di media-media Eropa, menyebut megabintang berusia 34 tahun itu akan segera merapat ke klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain.

Tak hanya gagal memberi kontrak baru bagi Messi, Las Blaugranas masih belum bisa mendaftarkan pemain baru mereka yaitu Sergio Aguero, Eric Garcia dan Memphis Depay karena anggaran gaji mereka melampaui batasan yang diterapkan Liga Spanyol.

Baca juga: Messi akhirnya ucapkan perpisahan secara resmi kepada Barcelona
Baca juga: Barca terpaksa lepas Messi karena kelangsungan klub di atas segalanya


Meski masih banyak masalah yang dihadapi Koeman, dia mengaku tidak sabar untuk segera memulai musim terbaru.

"Meskipun Messi berpisah, kami sangat bersemangat tentang musim ini. Kami yakin bahwa kami akan memberi Anda banyak kegembiraan musim ini," ujar pelatih Belanda tersebut menjelang Trofi Joan Gamper lawan Juventus pada Minggu.

"Para pemain muda adalah masa depan klub hebat ini. Sangat sulit untuk bermain sepanjang tahun tanpa penonton, kami senang melihat Anda lagi," tambahnya yang dikutip Goal.

Sergio Busquets akan menggantikan Messi sebagai kapten baru Barcelona. Dia mengucapkan terima kasih kepada mantan rekan setimnya tersebut dan mengatakan dia bersemangat untuk tantangan baru.

"Merupakan suatu kebanggaan menjadi kapten," jelas Busquets.

"Saya memiliki contoh yang bagus dari Carles Puyol, Xavi dan Leo. Terima kasih Leo telah membawa Barca ke level tertinggi... Terima kasih sebanyak-banyaknya Leo," tutupnya.

Baca juga: Klub selanjutnya Messi: Paris Saint Germain atau Manchester City?
Baca juga: Guardiola: Man City tertarik dengan Harry Kane, bukan Lionel Messi
Baca juga: Trio Liga Super Eropa tegaskan lagi sikap lanjutkan proyek ambisius

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021