Dari 145 peserta yang mendaftar, hanya 143 yang bisa dilakukan penyuntikan karena alasan kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 143 orang mengikuti kegiatan Vaksinasi Merdeka COVID-19 oleh Polres Kepulauan Seribu di dua lokasi yaitu Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Pulau Tidung (Kepulauan Seribu) dan Gerai Vaksin Presisi Polres Kepulauan Seribu, Dermaga Marina Ancol, Pademangan (Jakarta Utara), Senin.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag Sumda) Polres Kepulauan Seribu Kompol Nur Jannah Hayati di Jakarta, mengatakan dalam keterangannya di Jakarta, ada 143 orang yang mendapat suntikan vaksin COVID-19 dari 145 pendaftar yang tidak disuntik karena alasan kesehatan.

"Dari 145 peserta yang mendaftar, hanya 143 yang bisa dilakukan penyuntikan karena alasan kesehatan," ujar Nur.

143 orang peserta Vaksinasi Merdeka COVID-19 di Polres Kepulauan Seribu itu terdiri dari 62 orang di Gerai Vaksinasi Pulau Tidung dan 81 orang di Gerai Vaksin Presisi Polres Kepulauan Seribu.

Kegiatan Vaksinasi Merdeka COVID-19 itu akan terus berlanjut hingga 17 Agustus mendatang dalam rangka menyambut perayaan HUT Ke-76 Republik Indonesia.

Baca juga: 96 persen warga Jakarta telah divaksin dosis pertama

Ia menambahkan, Kepolisian Resor Kepulauan Seribu menargetkan 100 persen warga Pulau Seribu mendapat vaksin jenis Sinovac dosis satu dan dua.

"Walaupun sudah divaksin, warga tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan," tegasnya.

Sebelum dilakukan penyuntikan, para peserta juga terlebih dahulu mengantre secara tertib untuk cek suhu badan, tekanan darah dan pemeriksaan dan seleksi (screening) awal.

Setelah penyuntikan pun ada observasi selama kurang lebih 30 menit.

Nur Jannah melanjutkan, kegiatan Vaksinasi Merdeka COVID-19 yang diadakan pihaknya bekerja sama dengan tenaga kesehatan Puskesmas setempat dan para relawan.

Baca juga: Polrestro Jaktim santuni keluarga relawan vaksinasi yang meninggal

Ia mengatakan Vaksinasi Merdeka COVID-19 yang diadakan oleh Polres Kepulauan Seribu melibatkan 16 tenaga kesehatan dan 14 personel dari Polres Kepulauan Seribu dan Polsek jajarannya.

"Gelaran vaksinasi ini diadakan sebagai wujud peduli Polri agar masyarakat terhindar dari COVID-19 dan terciptanya 'herd immunity' (kekebalan kelompok) dengan sasaran semua warga masyarakat Kepulauan Seribu yang belum vaksin, atau akan vaksin dosis kedua" kata Nur.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021