Teman-teman pengelola mal sudah boleh operasional lagi di Batam
Batam (ANTARA) - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menilai pengendalian penyebaran COVID-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau, membaik ditandai dengan jumlah warga yang terkonfirmasi positif cenderung melandai sejak 20 Juli 2021.

Selain tambahan warga yang positif terus berkurang, jumlah pasien yang dinyatakan pulih juga meningkat, sehingga ketersediaan tempat tidur di kota itu semakin lapang.

"Semua ini tercapai karena kesadaran kita semua. TNI/Polri, pemerintah dan masyarakat semua bersatu padu, petugas PPKM juga sudah bekerja walau memang perlu ada penguatan supaya kerja optimal lagi," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad saat meninjau vaksinasi di Batam, Selasa.

Baca juga: Turun ke level 3, aturan PPKM di Kota Batam diperlonggar

Seiring dengan pengendalian COVID-19 yang membaik, maka kebijakan PPKM di Batam diperlonggar, menjadi level tiga, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2021.

Meski begitu, Wakil Wali Kota mengingatkan masyarakat bahwa pengendalian pandemi belum selesai.

Ia meminta semua pihak tidak lengah dan abai. Sebaliknya, penurunan level hendaknya dimaknai sebagai pemacu semangat agar Batam terbebas dari pandemi COVID-19.

Baca juga: Angka penularan COVID-19 di Batam mulai melandai

"Kuncinya satu, kesadaran bersama kita semua. Sekarang kita telah buktikan kebersamaan itu ampuh. Pak Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga kerap sampaikan, prokes jangan sampai kita lupakan," kata dia.

Sementara itu, seiring penurunan level PPKM, maka pusat perbelanjaan di Kota Batam Kepulauan Riau diizinkan beroperasi kembali.

Baca juga: Wali Kota Batam targetkan akhir Agustus penularan COVID-19 melandai

"Teman-teman pengelola mal sudah boleh operasional lagi di Batam," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata.

Ia mengatakan dalam kebijakan yang baru itu, warga bisa berkunjung ke mal tanpa harus menunjukkan sertifikat telah menjalani vaksinasi.

"Namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," kata Ardi.

Baca juga: Angka warga terpapar COVID-19 di Batam mulai turun

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021